EVALUASI PENGGUNAAN ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI PELENGKAP LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR (STUDI KASUS PADA PT. SASMITO GENERAL CONTRACTOR)

ARIF FIRMAN SAMUDRA, 041311323082 (2017) EVALUASI PENGGUNAAN ANALISIS RASIO KEUANGAN SEBAGAI PELENGKAP LAPORAN KEUANGAN PADA PERUSAHAAN KONTRAKTOR (STUDI KASUS PADA PT. SASMITO GENERAL CONTRACTOR). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
A. 16-17 Sam e abstrak.pdf

Download (402kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
A. 16-17 Sam e..pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pengukuran kinerja laporan keuangan pada perusahaan kontraktor berfungsi sebagai alat pengendalian dan penilai untuk investor dan kreditor dalam menghasilkan pendapatan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pengukuran laporan keuangan yang baik dengan menggunakan analisis rasio keuangan sesuai dengan rata-rata industri. Obyek dalam penelitian ini adalah PT. Sasmito General Contractor pada tahun 2010-2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus yang bertujuan memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat dan karakter dari kasus. Teknik analisis data yang digunakan dalam studi kasus ini adalah pengembangan strategi dari deskriptif kasus berupa analisis rasio laporan keuangan pada tahun 2010-2014 dengan mengukur perhitungan rasio laporan keuangan sesuai dengan rata-rata industri yang ada. Hasil penelitian evaluasi pengukuran analisis rasio keuangan di PT. Sasmito General Contractor selama tahun 2010-2014 menunjukkan bahwa pada Profitability Ratio memiliki rata-rata dibawah rata-rata industri. Hal ini terjadi karena adanya beban operasional dan non operasional yang besar. Leverage atau Debt Ratio di PT. Sasmito General Contractor menunjukkan bahwa perusahaan masih bergantung pada modal investor yang disetor untuk menutupi saldo hutang lancar. Likuiditas Ratio menunjukkan hasil persentase yang baik di banding dengan rata-rata industri yang ada. Effisiensi atau Assets Management Ratio pada PT. Sasmito General Contractor menunjukkan hasil yang kurang baik, dimana perusahaan belum efisien dalam menggunakan aset dan modal kerja perusahaan. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan analisis yang masih mengalami ketidakstabilan. Kata Kunci: Perusahaan Kontruksi, Pengukuran Laporan Keuangan, Rasio Keuangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 16-17 Sam e.
Uncontrolled Keywords: Perusahaan Kontruksi, Pengukuran Laporan Keuangan, Rasio Keuangan
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ARIF FIRMAN SAMUDRA, 041311323082UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorArdianto, Dr., SE., M.Si., Ak., CA.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 09 Jul 2017 19:03
Last Modified: 09 Jul 2017 19:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58495
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item