ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI SUPERMARKET ALFA KALIRUNGKUT SURABAYA

BAMBANG SETYAWAN (1999) ANALISIS PENGARUH BAURAN PEMASARAN JASA TERHADAP KEPUTUSAN BERBELANJA DI SUPERMARKET ALFA KALIRUNGKUT SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 17.00 Set a.pdf

Download (445kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era globaJisasi persaingan bisnis di bidang ritel semakin bcrat, dimana investor lokal merasa semakin berat masalah yang dihadapi, baik karena masalah krisis ekonomi yang belum selesai juga harus mempersiapkan diri untuk menghadapi perusahaan.perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peraturan pemerintah Indonesia SK MeninvestlKepala BKPM No. 29/SKl1998 tanggal 29 September 1998 yang memberikan pcluang sebebas-bebasnya kepada ritel asing untuk berinvestasi di Indonesia. . Untuk dapat bertahan dan tetap beroperasi dengan mendapatkan keuntungan yang memadai, perusahaan ritel perlu melakukan perubahan-perubahan efektif pada strategi pemasarannya maupun pemahaman akan perilaku konsumen~ya. Hal ini perlu dilakukan karena adanya perubahan kondisi ekonomi, pendapatan, teknologi, nilai. budaya maupun status sehingga mengakibatkan terjadinya perubahan-perubahan dalam pol a perilaku konsumen. Oleh karena itu, pada saat ini setiap perusahaan ritet bersaing seeara ketat untuk meningkatkan kepuasan konsumennya, dengan eara memperbaiki maupun menambah prasarana dan pelayanan yang mereka miliki, seperti pengaturan dan tata letak produk yang dijual, harga jual yang kompetitif, eara berkomunikasi dengan konsumennya. keeepatan pelayanan pembayaran, dan lainlainnya. Sebagai salah satu supermarket yang berada di kota Surabaya, lokasi toko Alfa Kalirungkut terletak didaerah perumahan dan berdekatan pula dengan daerah industri, sehingga konsumen yang berbelanja di supermarket Alfa Kalirungkut untuk memenuhi kebuluhanpribadi. keluarga maupun perusahaan. Untuk itu. agar strategi pemasaran Alfa Kalirungkut dapat sesuai dengan harapan konsumennya, maka perusahaan perlu mengetahui faktor·faktor yang mempengaruhi dan membentuk perilaku konsumennya dalam membuat keputusan untuk berbelanja. Dengan mempertimbangkan pentingnya faktor-faktor bauran pemasaran jasa yang menjadi pertimbangan konsumen dalam membuat keputusan untuk berbelanja, maka penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui apakah faktor bauran pemasaran jasa mempengaruhipengambilan kepulusan konsumen dalam berbelanja. Adapun faktor bauran pemasaran Jasa adalah product. price, place. promotion, people, physical evidence, dan process. Penelitian ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para konsumen yang berbelanja di supermarket Alfa Kalirungkut Surabaya. Metode pengambilan sampelnya adalah purposive non random sampling, dimana jumlah responden yang diambil sebanyak 100. Untuk menganalisa data yang telah terkumpul digunakan alat statistik yaitu model Regresi Linier Berganda dengan bantuan perangkat lunak SPSS. Dari hasil penghitungan regresi linier berganda terhadap ketujuh variabel bebas (product. price. place. promotion. people. physical evidence. dan process) menunjukkan pengaruh variabel bebas (faklor bauran pemasaran jasa) terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja adalah sebesar 78.774% dan sisanya 21.226% dipengaruhi oleh variabel lain selain variabel bebas. Demikian pula dengan hasil uji F yang nilainya sebesar 48.77510 yang jauh lebih besar dari Flabel sebesar 2,127 membuktikan kebenaran hipotesis. Dari hasil uji t menunjukkan bahwa faktor physical evidence adalah yang mempunyai pengaruh terbesar terhadap keputusan konsumen untuk berbelanja yaitu nilai thitung 4.251, kemudian faktor product (4.009). faktor price (3.791). faktor place (2,562), faktor people (2,543). faktor process (2,372) dan faktor promotion (2,147), dimana nilai-nilai ini lebih besar dari Itabel 1,6616. Jadi hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh yang bermakna dari semua variabel bebas secara parsial lerhadap variabel tergantung adalah benar. . Dari hasil tersebutdi atas dapat disimpulkan bahwa faktor bauran pcmasaran jasa mempengaruhi keputusan konsumen berbelanja. maka perusahaan harus tetap mcngidcntifikasikan faktor-faktor bauran pemasaran jas"a yang dianggap penting oleh konsumen dan berusaha selalu memperbaiki faktorfaktor penting tersebuL Disamping itu perusahaan perlu melakukan survei kepada konsumennya secara berkala unluk memantau perkembangan dan perubahan yang terjadi dari perilaku konsumennya, agar perusahaan dapat melakukan program-program bauran pemasaran jasa dengan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
BAMBANG SETYAWANNIM049120871-E
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorINDRIANAWATI USMAN, Drs.Ec., MSc.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 10 Jul 2017 23:53
Last Modified: 10 Jul 2017 23:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58589
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item