ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA TERBADAP JUMLAH TENAGA KERJA BAGIAN PRODUKSI CV. LOH JINAWI SURABAYA

MUTIARA HARGINI, 049615247 (2003) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR PERENCANAAN KEBUTUHAN TENAGA KERJA TERBADAP JUMLAH TENAGA KERJA BAGIAN PRODUKSI CV. LOH JINAWI SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
kk B 78.04 Har a.pdf

Download (139kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan pokok dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menelaah pengaruh perencanaan kebutuhan tenaga keIja yang trdiri dari faktor-faktor beban keIja, tingkat absensi, dan tingkat perputaran karyawan terhadap jumlah tenaga kerja bagian produksi pada cv. Loh Jinawi. Kemudian melihat sampai seberapa besar faktor-faktor perencanaan kebutuhan tenaga kerja tersebut berpengaruh terhadap jumlah tenaga keIja, selanjutnya dari faktor-faktor tersebut faktor mana yang mempunyai pengaruh dominan terhadap perubahan jumlah tenaga kerja bagian produksi pada CV. Loh Jinawi. Penelaahan dan anal isis ini berdasarkan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara dengan pihak-pihak yang mempunyai relevansi terhadap penelitian. Data sekunder diperoleh dari pengumpulan data dari CV. Loh Jinawi. Analisisnya menggunakan model persamaan regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan maka diperoleh hasil taksiran fungsi penentuan tenaga kerja langsung sebagai berikut : Y 2,570 + 0,002416 Xl + 43,833 X2 + 21,763 X3 Berdasarkan fungsi tersebut diketahui bahwa ketiga faktor perencanaan kebutuhan tenaga keIja tersebut mempunyai pengaruh yang positif terhadap penentuan kebutuhan tenaga kerja langsung. Berdasarkan hasil uji secara simultan menunjukkan bahwa variabel bebas mempunyai pengaruh yang bermakna terhadap variabel tergantung. Variabel tergantung adalah jumlah tenaga kerja sedangkan variabel bebas tediri dari : faktor beban kerja (Xl)' faktor tingkat absensi (X2) dan faktor tingkat perputaran karyawan (X3)' Pengujian secara individual diketahui bahwa secara simuhan variabel bebas yang dominan terhadap perubahan jumlah tenaga kerja adalah variabel beban kerja. Dan denganjumlah tenaga kerja yang efisien maka akan dapat meningkatkan produktivitas kerja karyawan. Hasil perhitungan statistik menunjukkan bahwa hipotesis 1 dan 2 dinyatakan terbukti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: FULLTEXT TIDAK TERSEDIA
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7795-8027 Labor policy. Labor and the state
Q Science > QA Mathematics > QA319-329 Functional Analysis
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUTIARA HARGINI, 049615247UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTIEN SOEMARTINI, Dra.Ec., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 12 Jul 2017 22:09
Last Modified: 12 Jul 2017 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58733
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item