MANAJEMEN RISIKO PRODUK GADAI EMAS SYARIAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI CABANG KLAMPIS BANGKALAN MADURA

RIFKI SATRIYO AJI, NIM : 041211431018 (2017) MANAJEMEN RISIKO PRODUK GADAI EMAS SYARIAH PADA BAITUL MAAL WAT TAMWIL USAHA GABUNGAN TERPADU SIDOGIRI CABANG KLAMPIS BANGKALAN MADURA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img] Text (HALAMAN DEPAN)
HALAMAN DEPAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN)
DAFTAR PUSTAKA DAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen risiko produk gadai emas syariah pada Baitul Maal wat Tamwil Usaha Gabungan Terpadu Sidogiri cabang Bangkalan Madura dalam meminimalisir produk gadai emas syariah bermasalah. Teknis analisis yang digunakan adalah pembuatan penjelasan (naratif-deskriptif) dengan metode studi kasus dimana penelitian ini dilakukan dengan melakukan wawacara. Hasil penelitian menunjukan manajemen risiko BMT UGT Sidogiri cabang Klampis Bangkalan Madura berhasil meminimalisir produk gadai emas syariah bermasalah menggunakan pengendalian risiko dengan cara pengklasifikasian anggota maupun calon anggota, memberikan maksimal pembiayaan sebesar 80%-90% dari hasil taksiran, mensyaratkan anggota produk gadai emas syariah memilki tabungan di BMT UGT Sidogiri, ujroh produk gadai emas syariah dihitung secara harian, membebankan ujroh produk gadai emas syariah meskipun telah jatuh tempo, dan melakukan monitoring sekaligus penagihan pada anggota setiap satu bulan sekali. Anggota produk gadai emas syariah diberikan kelonggaran waktu pembayaran saat gagal bayar maupun jatuh tempo sehingga pengurus tidak akan melelang emas yang telah jatuh tempo ketika anggota tersebut masih memiliki iktikad baik untuk menebus emas yang digadaikan dan potongan ujroh juga diberikan oleh pengurus ketika anggota dirasa kurang mampu dalam melunasi pokok pembiayaan terlebih jika anggota tersebut adalah anggota kepercayaan. Hal tersebut dilakukan karena asas kekeluargaan yang dipergunakan dalam pelaksanaan kinerja BMT UGT Sidogiri untuk mempermudah para anggota mendapatkan dana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 10/17 Aji m
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG3691-3769 Credit. Debt. Loans
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
RIFKI SATRIYO AJI, NIM : 041211431018UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantMuhammad Nafik Hadi Ryandono, Dr., SE., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jul 2017 16:51
Last Modified: 13 Jul 2017 16:51
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58771
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item