PROSES MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN IJARAH PADA KOPERASI SYARIAH DI SURABAYA (Studi Kasus pada Koperasi Syariah Pilar Mandiri Surabaya)

AHMAD ASY’FIN BASTHOMI, NIM : 041211433047 (2017) PROSES MANAJEMEN RISIKO PEMBIAYAAN IJARAH PADA KOPERASI SYARIAH DI SURABAYA (Studi Kasus pada Koperasi Syariah Pilar Mandiri Surabaya). Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 FEB EI 16_17 Bas p ABSTRAK.pdf

Download (320kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 FEB EI 16_17 Bas p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Risiko dalam konteks lembaga keuangan merupakan suatu kejadian potensial, risiko-risiko tersebut tidak dapat dihindari, tetapi dapat dikelola dan dikendalikan. Oleh karena itu, lembaga keuangan syariah khususnya Koperasi Syariah memerlukan serangkaian prosedur dan metodologi yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi, mengukur, memitigasi, dan mangawasi risiko yang timbul dari kegiatan usaha begitu juga pada pembiayaan ijarah yang disalurkan. Serangkaian prosedur tersebut disebut dengan manajemen risiko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana proses manajemen risiko pembiayaan ijarah pada Koperasi Syariah Pilar Mandiri Surabaya. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (Interview) secara langsung kepada obyek terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Koperasi Syariah Pilar Mandiri Surabaya melakukan proses manajaemen risiko pada tahap identifikasi, penilaian, mitigasi dan pengawasan risiko. Risiko yang menjadi fokus utama adalah risiko pembiayaan dimana anggota atau calon anggota mengalami kemacetan atau kegagalan dalam memenuhi kewajiban pembayaran pembiayaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB EI 16/17 Bas p
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AHMAD ASY’FIN BASTHOMI, NIM : 041211433047UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantAchsania Hendratmi,, Dr., S.E., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 13 Jul 2017 22:28
Last Modified: 13 Jul 2017 22:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58827
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item