HUBUNGAN POSISI KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA PERAWATAN SUMUR MINYAK DI PT. PERTAMINA EP ASSET 2 PRABUMULIH FIELD

NARESHWARI, 101411123088 (2017) HUBUNGAN POSISI KERJA DENGAN KELUHAN MUSKULOSKELETAL PADA PEKERJA PERAWATAN SUMUR MINYAK DI PT. PERTAMINA EP ASSET 2 PRABUMULIH FIELD. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (127kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 24-17 Nar h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keluhan musculoskeletal (MSDs) adalah cidera yang disebabkan karena posisi yang tidak alamiah. Hal ini dapat terjadi jika lingkungan kerja dan proses kerja tidak didesain dengan baik dan ergonomis. Salah satu aktifitas di PT. Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field yang dapat menyebabkan keluhan MSDs adalah proses perawatan sumur minyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tentang karakteristik individu, posisi kerja dan keluhan musculoskeletal dan memberikan saran untuk mencegah keluhan muskuloskeletal pada pekerja. Penelitian ini adalah penelitian observasional dengan desain penelitian cross sectional. Data diperoleh dengan menggunakan kuesioner dan wawancara terhadap 22 pekerja perawatan sumur minyak. Alat yang digunakan adalah lembar analisis REBA dan lembar observasi NBM serta lembar kuesioner. Dalam penelitian ini variabel bebas adalah karakteristik individu dan posisi kerja sedangkan variabel teikat adalah keluhan musculoskeletal. Data diuji dengan menggunakan Spearman Rho’s Correlation Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi antara umur, masa kerja, indeks masa tubuh dengan keluhan musculoskeletal kecuali kebiasaan merokok (coefficient correlation = 0,471). Terdapat korelasi sedang antara posisi kerja (coefficient correlation = 0,444) dengan keluhan musculoskeletal Kesimpulan dalam penelitian ini adalah terdapat korelasi antara posisi kerja dan keluhan musculoskeletal. Saran yang dapat diberikan untk PT. Pertamina EP Asset 2 Prabumulih Field adalah mengadakan ergonomic training kepada pekerja untuk mengurangi keluhan muskulskeletal selama pekerja melaksanakan pekerjaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 24-17 Nar h
Uncontrolled Keywords: karakteristik individu, posisi kerja, keluhan musculoskeletal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BJ Ethics > BJ1518-1697 Individual Ethics, Character, Virtue (including practical and applied ethics, conduct of life, success)
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
NARESHWARI, 101411123088UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndriati Paskarini, S.H., M.KesUNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 16 Jul 2017 21:59
Last Modified: 16 Jul 2017 21:59
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/58923
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item