HUBUNGAN KADAR GAS NO2 PENGELASAN DI UDARA DENGAN KADAR METHEMOGLOBIN DALAM DARAH DAN SATURASI OKSIGEN PADA KARYAWAN DIVISI NIAGA PT. PAL

DEWI ANGGUN NOFRIANTI, 101411123024 (2016) HUBUNGAN KADAR GAS NO2 PENGELASAN DI UDARA DENGAN KADAR METHEMOGLOBIN DALAM DARAH DAN SATURASI OKSIGEN PADA KARYAWAN DIVISI NIAGA PT. PAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 55-17 Nof h.pdf
Restricted to Registered users only

Download (919kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Industri transportasi merupakan salah satu penopang perkembangan bangsa Indonesia. Namun apabila peningkatan industri transportasi tidak diimbangi dengan pengolahan dan pengawasan limbah yang baik dapat menimbulkan kerugian bagi bangsa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan kadar NO2 pengelasan di udara dengan kadar methemogobin, saturasi oksigen dan keluhan kesehatan pada Karyawan Divisi Niaga PT. PAL Indonesia (Persero). Penelitian ini dilaksanakan dengan rancangan cross sectional dengan pendekatan penelitian lapangan yang bersifat observasional analitik. Sampel diambil dari petugas pengelasan sebanyak 18 orang yang terdiri dari 9 orang terpapar dan 9 orang tidak terpapar gas NO2. Sampel penelitian diambil dengan cara total sampel dengan batasan kriteria. Variabel bebas adalah Kadar NO2 di udara sedangkan variabel terikat dari penelitian ini adalah kandungan methemoglobin dalam darah, kadar saturasi oksigen dan keluhan kesehatan. Data yang didapat dianalisis dengan uji statistik correlation spearman untuk mengetahui hubungan dari setiap variabel dan analisis deskriptif untuk setiap variabel. Hasil uji correlation spearman menunjukan koefisien korelasi bernilai positif sehingga terdapat hubungan antara paparan gas NO2 di udara dengan kadar methemoglobin dalam darah dan keluhan kesehatan karyawan pengelasan. Sedangkan untuk hubungan paparan gas NO2 di udara dengan saturasi oksigen bernilai negatif sehingga tidak terdapat hubungan antara paparan gas NO2 di udara dengan saturasi oksigen. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan antara papar kadar NO2 di udara dengan kadar methemoglobin dalam darah dan keluhan kesehatan karyawan, namun tidak terdapat hubungan antara papar kadar NO2 di udara dengan kadar saturasi oksigen. Sehingga perlu dilakukan rotasi kerja pada pekerja las dan monitoring penggunaan alat pelindung diri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 55-17 Nof h
Uncontrolled Keywords: pengelasan, gas NO2, methemoglobin, saturasi oksigen
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD7260-7780.8 Industrial hygiene. Industrial welfare
H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
DEWI ANGGUN NOFRIANTI, 101411123024UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJ. Mukono, Prof. Dr. ,dr., M. S., M.PH.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 18 Jul 2017 18:44
Last Modified: 18 Jul 2017 18:44
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59071
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item