ANALISIS KUALITAS INFORMASI DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN BERDASARKAN PRODUCT AND SERVICE PERFORMANCE FOR INFORMATION QUALITY MODEL

CINDY KUSUMA DEWI, 101411123086 (2017) ANALISIS KUALITAS INFORMASI DOKUMEN REKAM MEDIS RAWAT JALAN BERDASARKAN PRODUCT AND SERVICE PERFORMANCE FOR INFORMATION QUALITY MODEL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
FKM. 95-17 Dew a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (639kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis kelengkapan dokumen rekam medis pasien rawat jalan Tahun 2016 tidak mencapai standar pelayanan yaitu sebesar 60,63%. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kualitas informasi tentang dokumen rekam medis rawat jalan. Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan pendekatan crossectional design. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner pada petugas di Seksi Rekam Medik sebanyak 14 petugas. Metode pengambilan sampel adalah total populasi petugas Seksi Rekam Medik bagian penyedian dokumen rekam medis rawat jalan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dimensi dari The Product and Service Performance for Information Quality (PSP/IQ) Model. Hasil Penelitian Rerata skor kuadran sound information sebesar 3,97, useful information sebesar 3,87, dependable information sebesar 4,14, dan useable information sebesar 4,13. Skor tiap dimensi yaitu free of error memiliki rerata skor 4,02, concise representation sebesar 3,47, completeness sebesar 3,87, consistent representation sebesar 4,53, appropriate amount sebesar 3,77, relevancy sebesar 4,20, understandability sebesar 3,60, interpretability sebesar 3,53, objectivity sebesar 4,27, security sebesar 3,97, timeliness sebesar 4,30, believability sebesar 4,20, accessibility sebesar 4,02, ease of operation sebesar 4,11, dan reputation sebesar 4,20. Kuadran PSP/IQ menunjukkan bahwa jumlah rerata skor antara faktor dokumen rekam medis dan faktor pelayanan yaitu masing masing 7,84 dan 8,27 yang artinya penilaian petugas menunjukkan bahwa service performance lebih baik dibandingkan dengan performance dari faktor dokumen rekam medis. Saran yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah dengan melakukan pembuatan panduan pengisian dokumen rekam medis dan pelatihan tentang pengisian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM 95-17 Dew a
Uncontrolled Keywords: Penilaian, kualitas informasi, produk performance, service performance
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
CINDY KUSUMA DEWI, 101411123086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSetya Haksama, Dr. , drg., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 20 Jul 2017 17:09
Last Modified: 20 Jul 2017 17:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59241
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item