GAMBARAN SEL DARAH PUTIH (LEUKOSIT) IKAN KOI (Cyprinus carpio koi) YANG TERINFEKSI Myxobolus DAN DITERAPI DENGAN PERASAN JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.)

LITA OKTASARI, 141211131238 (2016) GAMBARAN SEL DARAH PUTIH (LEUKOSIT) IKAN KOI (Cyprinus carpio koi) YANG TERINFEKSI Myxobolus DAN DITERAPI DENGAN PERASAN JAHE MERAH (Zingiber officinale Rosc.). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ASBTRACT)
PK BP 06 - 17 Okt g - Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 06 - 17 Okt g.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan koi merupakan salah satu ikan hias air tawar yang diminati masyarakat, karena keindahan warna, bentuk dan gerakannya. Adanya parasit dalam tubuh inang dapat menghambat laju pertumbuhan koi. Myxobolus adalah salah satu parasit yang sering menyerang benih ikan koi dengan angka kematian mencapai 90%. Jahe merah (Zingiber officinale Rosc.) adalah salah satu tanaman obat tradisonal yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk mengendalikan infeksi parasit. Jahe efektif untuk memperbaiki sistem imun pada ikan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perendaman jahe merah (Zingiber officinale Rosc.) dengan konsentrasi yang berbeda terhadap perubahan gambaran leukosit ikan koi (Cyprinus carpio koi) (limfosit, monosit, neutrofil, eosinofil dan basofil) yang terinfeksi Myxobolus. Metode penelitian ini adalah eksperimental, rancangan percobaan yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam perlakuan dan empat kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua perlakuan pada penelitian ini memberikan pengaruh yang berbeda nyata pada jumlah total leukosit ikan koi yang terinfeksi Myxobolus koi serta limfosit dan eosinofil. Sedangkan pada neutrofil, monosit dan basofil memberikan pengaruh yang tidak berbeda nyata akibat perlakuan. Namun jumlah komponen leukosit menunjukkan terjadinya penurunan mendekati jumlah komponen leukosit ikan sehat. Perlakuan terbaik yang mempengaruhi jumlah total leukosit adalah perlakuan P5 konsentrasi perasan jahe merah 0,3% dengan rata-rata jumlah total leukosit 5,01 x 103 sel/mm3 mendekati rata-rata jumlah total leukosit ikan koi sehat yaitu 4,68 x 103 sel/mm3. Jumlah total leukosit tertinggi pada perlakuan P2 (kontrol positif) yaitu 7,31 x 103 sel/mm3. Kesimpulan dari penelitian ini adalah perasan jahe merah dapat menurunkan kembali jumlah leukosit ikan koi yang terinfeksi Myxobolus koi mendekati jumlah leukosit ikan sehat. Konsentrasi perasan jahe merah (Zingiber officinale Rosc.) yang paling optimal dalam menurunkan kembali jumlah leukosit ikan koi yang terinfeksi Myxobolus koi mendekati jumlah leukosit ikan sehat yaitu pada konsentrasi 0,3% (P5).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 06-17 Okt g
Uncontrolled Keywords: Koi Fish (Cyprinus carpio koi); Infected Myxobolus; Red Ginger Juice (Zingiber officinale Rosc.)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture > SH171-179 Diseases and adverse factors
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
LITA OKTASARI, 141211131238UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri, Dr. Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHari Suprapto, Prof. Dr., Ir., M.Agr.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 24 Jul 2017 19:38
Last Modified: 24 Jul 2017 19:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59434
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item