PENGARUH TEKNOLOGI AKUAPONIK DENGAN MEDIA TANAM SELADA (Lactuca sativa) YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BELUT (Monopterus albus)

PIPIN TRI ANJANI, 141211132121 (2016) PENGARUH TEKNOLOGI AKUAPONIK DENGAN MEDIA TANAM SELADA (Lactuca sativa) YANG BERBEDA TERHADAP PERTUMBUHAN BELUT (Monopterus albus). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 21 - 17 Anj p-Abstrak.pdf

Download (55kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 21 - 17 Anj p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Budidaya belut hingga saat ini masih sulit dilakukan karena para pembudidaya belut masih penggunakan lumpur sebagai media budidaya belut. Media lumpur tidak efisien karena persiapan medianya memerlukan waktu yang sangat lama dan pertumbuhan belut sulit dikontrol. Oleh sebab itu perlu dilakukan budidaya dengan sistem air jernih salah satunya menggunakan teknologi akuaponik. Teknologi akuaponik merupakan salah satu teknologi yang memanfaatkan ikan dan tanaman dalam suatu budidaya. Sisa pakan dan feses ikan dalam perairan dapat menyebabkan kandungan amonia tinggi dan menyebabkan kematian ikan dimanfaatkan oleh tanaman sebagai unsur hara sehingga air dapat digunakan kembali dalam budidayanya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media tanam terhadap pertumbuhan belut (Monopterus albus) dalam sistem akuaponik. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai September 2016 di Fakultas Perikanan Dan Kelautan Universitas Airlangga. Percobaan terdiri dari empat perlakuan dan lima ulangan, tanpa media tanam sebagai kontrol ( P0), media tanam zeolit (P1), media tanam batu apung (P2) dan media tanam pecahan batu bata (P3).Hasil pengamatan yang didapatkan dari penggunaan teknologi akuaponik dengan media tanam selada terbaik yang dapat mempengaruhi pertumbuhan belut yaitu media tanam zeolit. Pada pengamatan menunjukkan laju pertumbuhan spesifik dengan media tanam zeolit (1,19%), kelulushidupan belut dengan media tanam zeolit (70%), Penambahan tinggi selada pada media tanam zeolit ( 11,39 cm), dan kandungan amonia terendah pada media tanam zeolit pada hari ke-28 ( 0,03 mg/l).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 21 - 17 Anj p
Uncontrolled Keywords: Aquaponics Technology Effect; Lettuce Planting Different Media; Growth Eels (Monopterus albus)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH20.3-191 Aquaculture > SH151-179 Fish culture
S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH334.5-334.7 Fishery technology
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
PIPIN TRI ANJANI, 141211132121UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRahayu Kusdarwati, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 31 Jul 2017 16:36
Last Modified: 31 Jul 2017 16:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59626
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item