STUDI PERBANDINGAN KOMUNITAS ARTHROPODA TANAH DI GUA KELELAWAR MANYAR, GRESIK DAN BANGUNAN BEKAS GUDANG TEMBAKAU TALUN, BOJONEGORO

MACHSHUSHIYAH MUMTAZAH, 081211431133 (2017) STUDI PERBANDINGAN KOMUNITAS ARTHROPODA TANAH DI GUA KELELAWAR MANYAR, GRESIK DAN BANGUNAN BEKAS GUDANG TEMBAKAU TALUN, BOJONEGORO. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf

Download (48kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPB. 16-17 Mum s.PDF
Restricted to Registered users only until 8 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk membandingkan struktur komunitas Arthropoda tanah dan mengetahui pengaruh musim terhadap reproduksi Arthropoda tanah di gua kelelawar Manyar, Gresik dan bangunan bekas gudang tembakau Talun, Bojonegoro. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2015 dan Mei 2016. Pengambilan data menggunakan metode bingkai kuadrat (plot) berukuran 25 x 25 cm di 9 titik pada 4 lokasi penelitian. Jarak antar plot adalah 1 m atau 5 m dan dilakukan sebanyak 3 atau 5 kali pengulangan tiap lokasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan 5 jenis Arthropoda tanah, yaitu Hypogena sp., Omorgus sp,. Forficula auricularia, Pycnoscelus surinamensis, dan Stygiochelifer sp. dengan indeks keanekaragaman sangat rendah, indeks dominansi yang tinggi, dan frekuensi relatif antara tertinggi dari jenis Hypogena sp. Uji distribusi individu menggunakan uji Kruskal-Wallis didapatkan nilai sebesar 0,04 (p < 0,05) yang menunjukkan ada perbedaan antara distribusi individu dengan lokasi penelitian. Uji perbandingan proporsi menggunakan Relative Risk menunjukkan tidak ada perbedaan proporsi Hypogena sp. antar lokasi, dan pada spesies Pycnoscelus surinamensis dan Forficula auricularia menunjukkan ada perbedaan proporsi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 16-17 Mum s
Uncontrolled Keywords: Struktur komunitas, Arthropoda tanah, Gua kelelawar, Indeks keanekaragaman, Indeks dominansi, Distribusi, Proporsi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
MACHSHUSHIYAH MUMTAZAH, 081211431133UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Irawan, Prof. Dr. , M.Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorRosmanida, Dr. , M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 07 Aug 2017 20:33
Last Modified: 07 Aug 2017 20:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59987
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item