POTENSI PENGGUNAAN CANGKANG KERANG SEBAGAI FILTER DALAM PROSES DEPURASI TERHADAP KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KERANG BULU (Anadara antiquata)

AYU SEPUTRI ROSMARINI, 141111013 (2016) POTENSI PENGGUNAAN CANGKANG KERANG SEBAGAI FILTER DALAM PROSES DEPURASI TERHADAP KANDUNGAN LOGAM BERAT TIMBAL (Pb) PADA KERANG BULU (Anadara antiquata). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK BP 76 - 17 Ros p-Abstrak+.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK BP 76 - 17 Ros p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Keberadaan logam berat di perairan memberikan pengaruh negatif pada pertumbuhan, reproduksi dan kelangsungan hidup biota akuatik. Pengaruh negatif ini berbeda signifikan antara jenis logam yang berbeda, bentuk ionik dan organik, serta dalam lingkungan akuatik yang dipengaruhi oleh pH, temperatur dan oksigen terlarut. Timbal (Pb) merupakan bahan toksik yang mudah terakumulasi dalam organ manusia dan dapat mengakibatkan gangguan kesehatan berupa anemia, gangguan fungsi ginjal, gangguan sistem syaraf, otak dan kulit. Toksisitas Pb baru akan terlihat bila orang mengkonsumsi Pb lebih dari 1,5mg/ kg setiap harinya. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan filter pada proses depurasi terhadap kandungan logam berat timbal Pb pada kerang bulu (Anadara antiquata). Selain itu, untuk mengetahui filter yang terbaik untuk menurunkan kandungan logam berat timbal (Pb) yang paling efektif. Metode penelitian ini bersifat eksperimental. Penelitian ini menggunakan Rancagan Acak Lengkap (RAL) dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan yang diuji menggunakan filter cangkang kerang dengan jumlah yang berbeda yaitu P0 tanpa filter, P1 dengan 25% filter cangkang kerang, P2 dengan 50% filter cangkang kerang, P3 dengan 75% filter cangkang kerang dan P4 dengan 100% filter cangkang kerang. Sementara untuk uji kandungan logam berat timbal menggunakan Uji AAS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan jumlah filter berpengaruh terhadap penurunan kandungan logam berat timbal Pb pada kerang bulu (Anadara antiquata). Pemberian filter 100% cangkang kerang selama 48 jam memiliki persentase penurunan kandungan logam berat timbal Pb tertinggi yaitu (P4; 61,5%) dibandingkan dengan perlakuan lainnya, (P0; 42,8%), (P3; 41,7%), (P2; 40,5%), dan (P1; 36,3%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK BP 76-17 Ros p
Uncontrolled Keywords: A Shell Clams ; Anadara antiquata ; The Lead (Pb)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries > SH365-380.92 Shellfish fisheries. Shellfish culture
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
AYU SEPUTRI ROSMARINI, 141111013UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorAbdul Manan, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 07 Aug 2017 21:34
Last Modified: 07 Aug 2017 22:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/59998
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item