PENGARUH LAMA EKSTRAKSI DENGAN AIR PANAS BERTEKANAN TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS LAMBDA KARAGINAN DARI RUMPUT LAUT Halymenia durvillei

AZMIL MUFARRICHA FAJARANI, 141211133053 (2017) PENGARUH LAMA EKSTRAKSI DENGAN AIR PANAS BERTEKANAN TERHADAP RENDEMEN DAN KUALITAS LAMBDA KARAGINAN DARI RUMPUT LAUT Halymenia durvillei. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PK.BP.95-17 Faj p ABSTRACT.pdf

Download (41kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PK.BP.95-17 Faj p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

iv Halymenia merupakan rumput laut merah penghasil lambda karaginan yang hidup pada daerah tropis. Ekstraksi lambda karaginan dapat dilakukan dengan pelarut air panas. Proses ekstraksi yang semakin lama akan memperbesar efek kelarutan karaginan di dalam air panas sehingga karaginan yang terlarut akan semakin banyak. Ekstraksi yang dilakukan semakin lama dapat menurunkan viskositas yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama ekstraksi rumput laut Halymenia durvillei dengan air panas bertekanan terhadap rendemen dan kualitas karaginan yang sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FAO.Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) sebagai rancangan percobaan. Perlakuan yang digunakan adalah ekstraksi dengan suhu 107oC dengan lama waktu ekstraksi yang berbeda, yaitu A (60 menit), B (90 menit), C (120 menit), D (150 menit) masing-masing perlakuan diulang lima kali. Parameter utama yang diamati adalah rendemen, viskositas, kadar air dan kadar abu dari lambda karaginan dan parameter pendukung yang diamati adalah pengujian spektrum karaginan dengan spektrofotometri FTIR. Lama waktu ekstraksi 150 menit menghasilkan rendemen tertinggi tetapi viskositasnya rendah. Lama waktu ekstraksi 60 menit menghasilkan rendemen dibawah Standar Nasional Indonesia tetapi viskositasnya tinggi. Hasil analisis menunjukkan bahwa lama waktu ekstraksi berpengaruh terhadap nilai rendemen karaginan, viskositas, dan kadar air lambda karaginan (P<0,05), namun tidak berpengaruh terhadap kadar abu dari lambda karaginan. Lama waktu ekstraksi terbaik adalah 90 menit dengan rendemen 30,84%, viskositas 231%, kadar air 5,40%, dan kadar abu 18,45%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.95/17 Faj p
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture > SB610-615 Weeds, parasitic plants, etc.
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
AZMIL MUFARRICHA FAJARANI, 141211133053UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGunanti Mahasri, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 09 Aug 2017 00:03
Last Modified: 09 Aug 2017 00:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item