PENGARUH KOMBINASI MEDAN MAGNET, MEDAN LISTRIK, DAN SINAR INFRAMERAH TERHADAP KADAR GULA DARAH DAN PROFIL LIPID MENCIT (Mus musculus) DIABETIK

INDAH YULIYANDINI, 081311433056 (2017) PENGARUH KOMBINASI MEDAN MAGNET, MEDAN LISTRIK, DAN SINAR INFRAMERAH TERHADAP KADAR GULA DARAH DAN PROFIL LIPID MENCIT (Mus musculus) DIABETIK. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (365kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
MPB. 25-17 Yul p.pdf
Restricted to Registered users only until 10 August 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh medan magnet, medan listrik, dan sinar inframerah dalam perbaikan kadar gula darah dan profil lipid mencit (Mus musculus) diabetik. Penelitian ini menggunakan 40 ekor mencit jantan dewasa strain BALB/c, umur 2 – 3 bulan, berat badan 20 – 35 gram. Hewan coba mencit dibagi menjadi 10 kelompok yaitu KN (Kelompok normal), KD (kelompok diabetes), PSI+ (perlakuan medan magnet permanen, medan listrik searah dengan inframerah), PSI- (perlakuan medan magnet permanen, medan listrik searah tanpa inframerah), PBI+ (perlakuan medan magnet permanen, medan listrik bolak-balik dengan inframerah), PBI- (perlakuan medan magnet permanen, medan listrik bolak-balik tanpa inframerah), EBI+ (perlakuan medan magnet bolak-balik, medan listrik bolak-balik dengan inframerah), EBI- (perlakuan medan magnet bolak-balik, medan listrik bolak-balik tanpa inframerah), ESI+ (perlakuan medan magnet bolak-balik, medan listrik searah dengan inframerah), ESI- (perlakuan medan magnet bolak-balik, medan listrik searah tanpa inframerah). KN tidak diberi induksi DM dan perlakuan. KD diberi induksi DM namun tanpa perlakuan. Kelompok perlakuan diberi induksi DM dan perlakuan dengan alat terapi. Induksi DM dilakukan dengan pemberian lard secara per oral, serta injeksi streptozotocin peritoneal. Perlakuan dilakukan dengan meletakkan mencit dalam alat terapi selama 15 menit/hari dalam jangka waktu 30 hari. Kekuatan medan magnet permanen yang digunakan sebesar 100-125 mT, medan magnet bolak-balik sebesar 500-900 μT medan listrik yang digunakan sebesar 900 V/30 cm, sinar inframerah yang digunakan adalah inframerah jauh sebesar 1mW/cm2. Pada akhir perlakuan, dilakukan pengukuran kadar gula darah puasa dan profil lipid. Pengukuran profil lipid darah meliputi kadar kolesterol total, trigliserida, low-density lipoprotein (LDL), high-density lipoprotein (HDL), dan rasio HDL terhadap LDL. Hasil uji Kolmogorov-Smirnov (α=0,05) yang dilanjut dengan uji ANOVA (α=0,05) menunjukkan bahwa pemberian perlakuan berpengaruh terhadap kadar gula darah dan profil lipid. Seluruh jenis perlakuan mampu menurunkan kadar gula darah yang tinggi pada mencit diabetik, dengan kelompok PSI- merupakan kombinasi optimum untuk perbaikan kadar gula darah. Pengaruh seluruh jenis perlakuan terhadap profil lipid mencit diabetik yaitu semakin memburuknya profil lipid mencit diabetik (dislipidemia). Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk menemukan kombinasi yang tepat yang dapat memperbaiki kadar gula darah sekaligus profil lipid.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB 25-17 Yul p
Uncontrolled Keywords: Medan magnet, medan listrik, sinar inframerah, kadar gula darah, profil lipid, diabetes.
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501-766 Electricity and magnetism
R Medicine > RC Internal medicine > RC31-1245 Internal medicine
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
INDAH YULIYANDINI, 081311433056UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDwi Winarn, Dr. M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorSuhariningsih, Prof. Dr. Ir.UNSPECIFIED
Depositing User: sukartini sukartini
Date Deposited: 09 Aug 2017 18:52
Last Modified: 09 Aug 2017 18:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60148
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item