PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH PADA AKTA PEMBIAYAAN NOTARIS DALAM RANGKA KEPATUHAN PRINSIP SYARIAH (SHARIA COMPLIANCE)

Arista Nurul Shofanisa, 031424253100 (2017) PENGAWASAN DEWAN PENGAWAS SYARIAH PADA AKTA PEMBIAYAAN NOTARIS DALAM RANGKA KEPATUHAN PRINSIP SYARIAH (SHARIA COMPLIANCE). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS ARISTA NS 031424253100.pdf
Restricted to Registered users only until 11 August 2020.

Download (2MB)

Abstract

Sebagai lembaga intermediasi yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip syariah, bank syariah dituntut untuk melaksanakan dua kepatuhan yaitu kepatuhan prinsip syariah dan kepatuhan hokum. Adapun pengaplikasian dari dua kepatuhan tersebut tidak hanya pada tata kelola perusahaan dan jenis produk yang dimiliki oleh bank syariah, namun secara aplikatif terdapat pada akta pembiayaan yang dibuat oleh notaris. Oleh sebab itu akta pembiayaan notaris pada bank syariah harus mencerminkan kepatuhan prinsip syariah disamping adanya kepatuhan hukum. Khusus mengenai kepatuhan terhadap prinsip syariah, telah menjadi ruang lingkup kewenangan dari Dewan Pengawas Syariah, sehingga Dewan Pengawas Syariah tidak saja menjamin bank melaksanakan kepatuhan syariah namun lebih dari pada itu, aktaakta yang di buat oleh notaris bank syariah juga harus sesuai dengan prinsip syariah. Hal ini dikarenakan kegagalan terhadap pemenuhan prinsip syariah pada suatu akta pembiayaan bank syariah dapat berimplikasi akta tersebut batal demi hukum, sehingga dalam hal pengaplikasian produk pembiayaan bank syariah, perlu diperhatikan aspek perlindungan bank syariah dan aspek perlindungan konsumen yang diwujudkan dalam bentuk pengawasan dari Dewan Pengawas Syariah terhadap akta pembiayaan pada bank syariah.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 18/17 Sho p
Uncontrolled Keywords: bank syariah, kepatuhan prinsip syariah, akta pembiayaan.
Subjects: K Law
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Psikologi
Creators:
CreatorsNIM
Arista Nurul Shofanisa, 031424253100UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr.,S.H.,M.HUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 10 Aug 2017 17:33
Last Modified: 10 Aug 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60223
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item