SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENGADAAN BAHAN BENGKEL LAS CV. JAGIR JAYA SURABAYA

WILDA AYU ASHFIHANA, 081310113045 (2017) SISTEM INFORMASI PENJUALAN DAN PENGADAAN BAHAN BENGKEL LAS CV. JAGIR JAYA SURABAYA. Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK FV.SI.15-17 Ash s ABSTRACT.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK FV.SI.15-17 Ash s TUGAS AKHIR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Bengkel Las CV. Jagir Jaya merupakan usaha bengkel yang melayani pemesanan barang seperti pembuatan pagar dan kanopi serta jasa seperti bongkar atap. Bengkel las ini masih menjalankan semua proses bisnis secara manual yang menimbulkan beberapa permasalahan seperti terlalu banyaknya dokumen yang ada namun tidak terorganisir dengan baik. Tujuan dari Tugas Akhir ini adalah membuat Sistem Informasi Penjualan dan Pengadaan Bahan CV. Jagir Jaya yang dapat mengoptimalkan proses bisnis yang meliputi proses pemesanan barang/jasa, pembayaran, pengiriman, pembelian bahan, penerimaan dan retur pembelian, pengeluaran bahan dari gudang, dan pembuatan laporan. Sistem Informasi Penjualan dan Pengadaan Bahan CV. Jagir Jaya dibangun melalui empat tahapan. Tahap pertama adalah menganalisa proses yang ada saat ini menggunakan document flowchart dan permasalahan yang terjadi menggunakan diagram fishbone sehingga dapat menganalisa kebutuhan fungsional sistem yang akan dibangun. Tahap kedua adalah desain proses, database, dan form input output. Desain proses digambarkan dengan diagram jenjang dan Data Flow Diagram (DFD) sedangkan desain database menggunakan Conceptual Data Model (CDM) yang terdiri atas 28 entitas di-generate ke Physical Data Model (PDM) menghasilkan 28 tabel. Tahap ketiga adalah mengimplementasikan desain form input dan output sistem tersebut ke dalam program dengan menggunakan bahasa pemrograman berbasis web. Tahap terakhir adalah mengimplementasikan alur kerja Sistem Informasi Penjualan dan Pengadaan Bahan CV. Jagir Jaya dengan menggambarkan pseudocode dan bagan alir serta melakukan uji coba semua proses yang ada dalam sistem. Berdasarkan hasil implementasi dan uji coba sistem, Sistem Informasi Penjualan dan Pengadaan Bahan Bengkel Las CV. Jagir Jaya Surabaya yang dibuat telah sesuai dengan kebutuhan fungsional pada proses bisnis di Bengkel Las CV. Jagir Jaya Surabaya dan dapat mempermudah kinerja pegawai dalam menjalankan proses bisnis.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK FV.SI.15/17 Ash s
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K1000-1395 Commercial law > K1024-1132 Commercial contracts > K1026-1045 Sale of goods
T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
WILDA AYU ASHFIHANA, 081310113045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 13 Aug 2017 22:28
Last Modified: 13 Aug 2017 22:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60365
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item