PENGARUH PEMBERIAN ASAM FOLAT SELAMA KEBUNTINGAN YANG INDUKNYA DIPAPAR ASAP ROKOK TERHADAP INDEKS APOPTOSIS DAN JUMLAH NEURON OTAK MENCIT (Mus musculus) BARU LAHIR

NYNA PUSPITA NINGRUM, NIM011414653008 (2017) PENGARUH PEMBERIAN ASAM FOLAT SELAMA KEBUNTINGAN YANG INDUKNYA DIPAPAR ASAP ROKOK TERHADAP INDEKS APOPTOSIS DAN JUMLAH NEURON OTAK MENCIT (Mus musculus) BARU LAHIR. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS - NYNA PUSPITA NINGRUM.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 18 August 2020.

Download (1MB)

Abstract

Asam folat mengandung 5-Methyltetrahydrofolate (5-MTHF) merupakan salah satu antioksidan yang dapat digunakan untuk menghambat reaksi yang terjadi akibat paparan asap rokok, dapat menghambat kadar Reactive Oxygen Species (ROS) sehingga mampu mengurangi terjadinya apoptosis neuron. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian asam folat selama kebuntingan yang induknya dipapar asap rokok terhadap indeks apoptosis dan jumlah neuron otak mencit (Mus musculus) baru lahir. Metode penelitian: Studi eksperimental laboratorium dengan desain penelitian posttest-only control group design, subyek penelitian menggunakan 24 ekor mencit betina yang dibagi dalam 4 kelompok terdiri atas 1 kelompok kontrol dan 3 kelompok perlakuan. Pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling, setiap kelompok terdiri atas 6 hewan coba. Kelompok kontrol hanya diberikan aquades selama kebuntingan, kelompok 2 diberikan asam folat secara oral pada usia kebuntingan 0-17 hari sebanyak 0,06 mg/hari/mencit, kelompok 3 diberikan paparan asap rokok kretek pada umur kebuntingan hari ke 7-17 sejumlah 2 batang rokok/hari, kelompok 4 diberikan asam folat secara oral pada usia kebuntingan 0-17 hari sebanyak 0,06 mg/hari/mencit dan paparan asap rokok kretek pada umur kebuntingan hari ke 7-17 sejumlah 2 batang rokok/hari. Hasil penelitian: Menunjukkan ada perbedaan signifikan pada semua variabel. Pada indeks apoptosis terdapat perbedaan signifikan antara kelompok kontrol dengan kelompok paparan asap rokok, kelompok asam folat dengan kelompok paparan asap rokok, kelompok paparan asap rokok dengan kelompok asam folat dan paparan asap rokok, perbedaan signifikan pada jumlah neuron antara kelompok kontrol dengan kelompok paparan asap rokok, kelompok asam folat dengan kelompok paparan asap rokok, kelompok asam folat dengan kelompok asam folat dan paparan asap rokok. Kesimpulan: Terdapat perbedaan indeks apoptosis yang signifikan antara kelompok kontrol, kelompok asam folat, kelompok paparan asap rokok serta kelompok asam folat dan paparan asap rokok, terdapat perbedaan jumlah neuron yang signifikan antara kelompok kontrol, kelompok asam folat, kelompok paparan asap rokok serta kelompok asam folat dan paparan asap rokok.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK TKR 08/17 Nin p
Uncontrolled Keywords: paparan asap rokok, asam folat, indeks apoptosis, jumlah neuron
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Kesehatan Reproduksi
Creators:
CreatorsNIM
NYNA PUSPITA NINGRUM, NIM011414653008NIM011414653008
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHermanto Tri Joewono, Dr. , dr., Sp.OG(K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Aug 2017 17:34
Last Modified: 17 Aug 2017 17:34
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60534
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item