SEJARAH PENGELOLAAN OLAHRAGA WUSHU DI SURABAYA TAHUN 1983 - 1995

Achmad Aben Achdan, 120914049 (2016) SEJARAH PENGELOLAAN OLAHRAGA WUSHU DI SURABAYA TAHUN 1983 - 1995. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FS Sej 13-17 Ach s.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Olahraga bukan hanya kegiatan olah tubuh namun didalamnya banya sekali terdapat unsur-unsur seperti budaya,politik,sosial. Perkembangan olahraga sangat dipengaruhi oleh bagaimana pemerintah memandang dan memperhatikan suatu olahraga tersebut. Salah satu olahraga yang berkembang pesat di Indonesia adalah Wushu. Wushu adalah olahraga yang berasal dari negera RRC yang berbentuk ketangkasan memperagakan jurus-jurus yang baku sesuai dengan standart Internasional. Maka tulisan ini membahas mengenai masalah perkembangan pengelolaan olahraga wushu di Surabaya pada tahun 1983-1995. Metode yang digunakan dalam penulisan adalah metode sejarah yaitu tahap heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Beberapa fakta sejarah di dapat oleh penulis dari berbagai sumber di antaranya adalah sumber data statistik, akta pendirian sasana, foto, majalah, surat kabar dan buku. Sedangkan untuk mendukung data – data tertulis, penulis melakukan wawancara kepada pendiri, pengurus dan atlet-atlet. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bawah proses perkembangan olahraga wushu di Surabaya didukung sepenuhnya oleh etnis Tionghoa yang cinta dan ingin melestarikan budayanya. Berawal dari olahraga yang hanya dipelajari oleh komunitas tionghoa saja namun kemudian bisa mendapat hati dan perhatian dari etnis non Tionghoa sehingga menjadikan olahraga ini menjadi olahraga umum bukan olahraga komunitas saja. Dengan bermunculannya sasana wushu di Surabaya dalam waktu yang cukup singkat, hal ini menjadikan surabaya sebagai salah satu kota barometer perkembangan olahraga wushu di Indonesia. Hal ini dibuktikan di tahun ketiga diselenggarakannya kejuaraan nasional Wushu, Surabaya menjadi tuan rumahnya dan berhasil meraih juara umum. Di tahun yang sama juga atlet Surabaya dikirim ke Amerika untuk mengikuti kejuaraan dunia wushu dan berhasil memberikan prestasi yang membanggakan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FS Sej 13/17 Ach s
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan olahraga, wushu, Surabaya
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure > GV1100-1150.9 Fighting sports: Bullfighting, boxing, fencing, etc
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Ilmu Sejarah
Creators:
CreatorsNIM
Achmad Aben Achdan, 120914049UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIkhsan Rosyid Mujahidul Anwari, S.S., M.A.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 21 Aug 2017 23:11
Last Modified: 21 Aug 2017 23:11
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60768
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item