DAMPAK PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KEBERHASILAN USAHA MUSTAHIQ (Studi Kasus Lembaga Manajemen Infaq Madiun)

AKBAR NUR RULLOH, 041211431163 (2017) DAMPAK PENDAYAGUNAAN DANA ZAKAT PRODUKTIF TERHADAP KEBERHASILAN USAHA MUSTAHIQ (Studi Kasus Lembaga Manajemen Infaq Madiun). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 41-17 Rul d.pdf
Restricted to Registered users only until 28 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian dengan judul tersebut adalah mengetahui dampak pendayagunaan dana zakat produktif yang diberikan oleh Lembaga Manajeman Infaq Madiun terhadap keberhasilan usaha yang dijalankan mustahiq, dilihat dari peningkatan modal, peningkatan pendapatan, peningkatan produksi, peningkatan jumlah konsumen dan peningkatan amal jariyah. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi kepada informan, yaitu tiga informan yang mendapatkan bantuan dana zakat produktif. Selain itu, dilakukan pengumpulan data sekunder berasal dari jurnal, text books, dan literatur lainnya. Hasil penelitian ini adalah ketiga informan mengalami peningkatan modal, peningkatan pendapatan, peningkatan produksi, peningkatan jumlah konsumen dan peningkatan amal jariyah setelah menerima bantuan dana zakat produktif dari LMI Madiun. Para informan merasakan usaha yang mereka jalankan mengalami keberhasilan. Keberhasilan usaha informan dapat dilihat dari kenaikan semua indikator yang telah disebutkan.Pengawasan dan pendampingan yang dilakukan oleh LMI Madiun dirasa sangat bermanfaat dalam memotivasi dan memberi semangat dalam terus berusaha. Selain itu, mereka mampu menyisihkan sebagian harta untuk diberikan kepada yang berhak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 41/17 Rul d
Uncontrolled Keywords: Zakat Produktif, Modal Usaha, Mustahiq, Pendayagunaan, Keberhasilan Usaha
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HG Finance > HG4501-6051 Investment, capital formation, speculation > HG4701-4751 Government securities. Industrial securities. Venture capital
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
AKBAR NUR RULLOH, 041211431163UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSuherman Rosyidi, Drs., Ec., M.Com.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 27 Aug 2017 22:40
Last Modified: 27 Aug 2017 22:40
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/60991
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item