PENDETEKSIAN ABLASIO RETINA DARI CITRA FUNDUS RETINA BERDASARKAN ESTIMATOR PENALIZED SPLINE DENGAN PEREDUKSI DIMENSI GENERALIZED EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS (GEFA)

MIFTAHUL JANNAH MAULIDIA, 081311833063 (2017) PENDETEKSIAN ABLASIO RETINA DARI CITRA FUNDUS RETINA BERDASARKAN ESTIMATOR PENALIZED SPLINE DENGAN PEREDUKSI DIMENSI GENERALIZED EXPLORATORY FACTOR ANALYSIS (GEFA). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 09-17 Mau p-Abstrak.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 09-17 Mau p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ablasio retina merupakan suatu keadaan terpisahnya sel kerucut dan sel batang retina dari sel epitel pigmen retina, yang dapat menimbulkan penurunan tajam penglihatan hingga kebutaan. Penulisan skripsi ini bertujuan untuk mendeteksi ablasio retina berdasarkan estimator penalized spline dengan pereduksi dimensi Generalized Exploratory Factor Analysis (GEFA). Salah satu cara mengetahui ablasio retina adalah dengan melakukan pemeriksaan fundus mata menggunakan kamera fundus. Hasil dari kamera fundus berupa image, sehingga diolah terlebih dahulu melalui proses pengolahan citra untuk mendapatkan nilai numerik dari image tersebut. Proses pengolahan citra menghasilkan matriks dengan jumlah pengamatan (n) yang kurang dari jumlah variabel prediktor (p), sehingga perlu dilakukan reduksi dimensi pada data hasil pengolahan citra. Pereduksian dimensi dilakukan dengan menggunakan metode GEFA, karena kelebihannya dalam mengatasi masalah multikolinieritas dibandingkan dengan metode pereduksi dimensi lainnya. Data hasil reduksi dimensi digunakan untuk mengestimasi model regresi nonparametrik aditif dengan estimator penalized spline. Algoritma local scoring dengan kriteria nilai rata-rata deviance dan nilai RSS (Residual Sum of Square) yang konvergen, digunakan dalam menentukan model berdasarkan estimator penalized spline. Data yang digunakan dalam skripsi ini diperoleh dari Rumah Sakit Mata Masyarakat Surabaya yang terdiri dari 20 citra retina normal dan 20 citra ablasio retina. Berdasarkan data tersebut, 24 citra digunakan untuk pemodelan (data insample) dan 16 citra untuk prediksi (data outsample). Variabel respon yang digunakan berupa data dengan klasifikasi retina normal (Y=0) dan ablasio retina (Y=1), sedangkan variabel prediktor diperoleh dari data hasil reduksi dimensi pengolahan citra fundus retina menggunakan metode GEFA dengan jumlah variabel sebanyak 3 prediktor. Hasil estimasi pada data insample diperoleh ketepatan klasifikasi sebesar 100%, sedangkan untuk data outsample diperoleh ketepatan klasifikasi sebesar 81,25%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 09-17 Mau p
Uncontrolled Keywords: Retinal Detachments, Image Processing, Generalized Exploratory Factor Analysis, Penalized Spline Estimator
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
MIFTAHUL JANNAH MAULIDIA, 081311833063UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.Si.,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 28 Aug 2017 23:17
Last Modified: 28 Aug 2017 23:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61062
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item