TURNOVER EMPLOYEE TINGGI (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mengatasi Turnover Employee Di Starbucks Coffee Surabaya)

SAVIRA ISNAENI LANES, 071310213036 (2017) TURNOVER EMPLOYEE TINGGI (Studi Deskriptif Tentang Upaya Mengatasi Turnover Employee Di Starbucks Coffee Surabaya). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (177kB) | Preview
[img] Other (FULLTEXT)
FULLTEXT FV PW 33-17 Lan t.PDF
Restricted to Registered users only until 29 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui upaya mengatasi Turnover Employee yang sudah dilakukan oleh perusahaan kepada karyawan terhadap keinginan karyawan untuk keluar dari perusahaan. Starbucks Coffee Graha Pena Surabaya merupakan salah satu cafe yang memiliki masalah Turnover Employee. Upaya pemberdayaan sudah diupayakan, tetapi tingkat Turnovernya masih tinggi. Berdasarkan analisis diketahui bahwa faktor-faktor pemberdayaan karyawan berpengaruh terhadap penurunan Turnover Intention. Jika secara penelitian yang dilakukan pemberdayaan karyawan di Starbucks Coffee Graha Pena Surabaya masih tergolong rendah, namun memiliki pengaruh yang kuat antara pemberdayaan karyawan dengan penurunan Turnover Intention. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis yaitu teknik wawancara, pengamatan dan penggunaan bahan dokumen. Tujuan dari penilitian ini yakni untuk mengetahui kondisi deskriptif dari upaya mengatasi Turnover Employee pada Starbucks Coffee Graha Pena Surabaya. Upaya tersebut salah satunya dengan menggunakan sistem penilaian kinerja, berdasarkan realita dari kemampuan masing-masing barista, penilaian kinerja akan dijadikan tolak ukur untuk pemberian umpan balik kepada barista. Starbucks Coffee Graha Pena Surabaya merupakan perusahaan yang selalu memastikan baristanya untuk bekerja dengan baik, itu sebabnya penilaian dilakukan secara rutin. Dengan penilaian kinerja karyawan dapat diketahui tentang pemahaman barista secara keseluruhan, tentang pemberian tugas dan tanggung jawab kepada barista. Pemberian umpan balik yang diberikan kepada karyawan salah satunya ialah reward. Hal tersebut dilakukan pihak Starbucks Coffee Graha Pena Surabaya dengan harapan dapat memberikan motivasi kerja karyawan untuk terus meningkatkan kualitas kinerjanya guna menghasilkan pelayanan yang maksimal kepada tamu. Berdasarkan hasil penilaian kinerja yang sudah diterapkan oleh Starbucks Coffee Graha Pena Surabaya bahwa penilaian kinerja sudah dijalankan sesuai prosedur yang telah ditetapkan, dapat berjalan dengan baik dan efektif sehingga tidak ada kendala dalam melakukan penilaian kinerja karyawan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK FV PW 33/17 Lan t
Uncontrolled Keywords: Cafe, Turnover Employee, Starbucks Coffee
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata
Creators:
CreatorsNIM
SAVIRA ISNAENI LANES, 071310213036UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAndy Umardiono, S.Sos., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 28 Aug 2017 23:54
Last Modified: 28 Aug 2017 23:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61067
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item