PERBANDINGAN KADAR TRIPT(}FAN DALAM SERUM DARAR MARMUT SEBELUM DAN SESUDAH DIINFEKSI DENGAI PASTEUREllA MULTOCIDA DOSISINFEKTIF

Dibjo Saksana Hargo, 068811452 (1995) PERBANDINGAN KADAR TRIPT(}FAN DALAM SERUM DARAR MARMUT SEBELUM DAN SESUDAH DIINFEKSI DENGAI PASTEUREllA MULTOCIDA DOSISINFEKTIF. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk fkh 959.96 har p.pdf

Download (167kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Telah dilakukan penelitian tentang perbandingan kadar triptofan dalam serum darah marmut sebelum dan sesudah diinfeksi dengan P. multocida dosis infektif. Dalam metabolisme sel hewan dibutuhkan triptofan didalam siklus asam trikarboksilat. Sesuai dengan sifat biokimiawi P. multocida yang memecah triptofan menjadi indol, maka bila terjadi infeksi P. multocida pada hewan akan mengakibatkan kadar triptofan dalam darah menjadi turun, yang kemudian mengakibatkan siklus asam trikarbonaksilat menjadi terhenti atau hewan menjadi mati. Penelitian ini menggunakan 10 sampel serum darah marmut sebelum diinfeksi sengan P. multacida dan 10 sampel serum darah marmut sesudah diinfeksi dengan P. multacida mendekati sebelum marmut mati. Metode yang digunakan untuk mengukur kadar triptofan pada kedua jenis sampel tersebut adalah metoda spektrofometri ultra violet-visible (sprektrofotometri UV-VIS). data yang diperoleh dianalisis secara statistik dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang sangat nyata (p<0,01) antara kadar triptofan sebelum dan sesudah diinfeksi dengan P. multocida dosis infeksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk fkh 959.96 har p
Uncontrolled Keywords: PASTEURELLA MULTOCIDA
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF405.5-407 Laboratory animals
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
Dibjo Saksana Hargo, 068811452UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMidian Naibaho, Drh., M.S.UNSPECIFIED
Thesis advisorJulien Supraptini, Drh., S.U.UNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 30 Aug 2017 17:10
Last Modified: 30 Aug 2017 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61165
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item