PENENTUAN STATUS GIZI BALITA DI SURABAYA BERDASARKAN RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BERAT DAN TINGGI BALITA DENGAN PENDEKATAN REGRESI SEMIPARAMETRIK LOKAL LINIER BIRESPON

DEA MAULI ULIL ALBAB, 081311833052 (2017) PENENTUAN STATUS GIZI BALITA DI SURABAYA BERDASARKAN RANCANGAN GRAFIK STANDAR PERTUMBUHAN BERAT DAN TINGGI BALITA DENGAN PENDEKATAN REGRESI SEMIPARAMETRIK LOKAL LINIER BIRESPON. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 15 -17 Alb p-Abstrak.pdf

Download (181kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 15 -17 Alb p.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kartu Menuju Sehat (KMS) merupakan alat untuk mengevaluasi status gizi balita di Indonesia. Indonesia menggunakan KMS berdasarkan standar WHO 2005. Penggunaan standar WHO 2005 dapat menimbulkan kesalahan interpretasi status gizi balita karena terdapat perbedaan karakteristik balita di Indonesia dengan balita sampel standar WHO 2005. Penilaian status gizi balita menggunakan indeks BB/U dan TB/U dapat memberikan informasi lebih banyak mengenai pertumbuhan balita. Penelitian ini bertujuan untuk merancang grafik standar pertumbuhan sesuai kondisi balita sebenarnya menggunakan pendekatan regresi semiparametrik lokal linier birespon dan membuat interface untuk penentuan status gizi balita. Regresi semiparametrik lokal linier birespon memiliki kelebihan dalam mengestimasi grafik pertumbuhan balita yaitu menghasilkan kriteria goodness of fit yang baik. Data balita dalam penelitian ini diperoleh dari Posyandu Kota Surabaya tahun 2016 sebanyak 2130 data. Rancangan grafik standar dapat diinterpretasikan sebagai grafik antara hasil estimasi berat badan ( ) dan tinggi badan ( ) dengan usia balita ( ) pada masing-masing jenis kelamin ( ). Kesimpulan hasil pemodelan yaitu model pertumbuhan berat dan tinggi badan balita dengan pendekatan regresi semiparametrik lokal linier birespon dapat menjelaskan pola pertumbuhan balita di Surabaya dengan baik (R2 = 99,7%). Rancangan grafik standar pertumbuhan berat dan tinggi badan balita di Surabaya berdasarkan pendekatan regresi semiparametrik lokal linier birespon memiliki standar lebih rendah dibandingkan grafik WHO 2005.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S. 15-17 Alb p
Uncontrolled Keywords: Weight/Age, Height/Age, Percentile, Health Care Card
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA184-205 Linear and Multilinear Algebra, Matrices
T Technology > TX Home economics > TX341-641 Nutrition. Foods and food supply
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
DEA MAULI ULIL ALBAB, 081311833052UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M,SiUNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.Si,UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 30 Aug 2017 19:33
Last Modified: 30 Aug 2017 19:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61200
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item