KEPATUHAN PENERAPAN SISTEM FARAIDH DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN DISTRIBUSI KEKAYAAN ( Studi Kasus pada Masyarakat Keturunan Arab di Kawasan Ampel Surabaya)

MUHAMMAD FARDHANI RASYID, 041114104 (2017) KEPATUHAN PENERAPAN SISTEM FARAIDH DALAM MEWUJUDKAN KEADILAN DISTRIBUSI KEKAYAAN ( Studi Kasus pada Masyarakat Keturunan Arab di Kawasan Ampel Surabaya). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (49kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 82-17 Ras k.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kepatuhan dan ketepatan masyarakat muslim keturunan Arab di Kawasan Ampel Surabaya dalam penerapan pembagian waris secara Islam atau yang disebut faraidh dengan indicator keseuaiannya berdasarkan surat An-Nisa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan strategi studi kasus pada masyarakat keturunan Arab di Kawasan Ampel Surabaya. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan dokumentasi. Teknik validasi data yang digunakan adalah teknik triangulasi sumber dan teknik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teori milik Miles dan Huberman. Penelitian ini mempunyai indikator yaitu kesesuaian antara praktek dan teori hukum faraidh serta pengelolaan hasil pembagian waris. Dalam penelitian ini menunjukan bahwa masyarakat keturunan Arab di Kawasan Ampel Surabaya melaksanakan beberapa poin dengan benar yaitu kesadaran pelaksanaan, pandangan keadilan dan tata cara pelaksanaan, sedangkan penelitian juga menunjukan ada kesalahan dalam pelaksanakan praktek faraidh pada poin waktu pelaksanaan pembagian dan pembagian hasil dari aset produktif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 82/17 Ras k
Uncontrolled Keywords: Faraidh, Distribusi Kekayaan, Surat An-Nisa, Masyarakat Keturunan Arab
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM711-806 Groups and organizations > HM756-781 Community
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD FARDHANI RASYID, 041114104UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Herianingrum, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Aug 2017 22:02
Last Modified: 30 Aug 2017 22:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61218
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item