ANALISIS SISTEM PENGUPAHAN OUTSOURCING PADA PT. MAHAKAM KENCANA INTAN PADI SURABAYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM

M. SAHIRUL ALIM, 041014158 (2017) ANALISIS SISTEM PENGUPAHAN OUTSOURCING PADA PT. MAHAKAM KENCANA INTAN PADI SURABAYA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (513kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 83-17 Ali a.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan sistem pengupahan Outsourcing pada PT. Mahakam Kencana Intan Padi Surabaya dalam Perspektif Islam. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus dan analisis deskriptif yang dilakukan dengan mengumpulkan informasi tentang sistem pengupahan tenaga kerja outsourcing PT Mahakam Kencana Intan Padi Surabaya. Peneliti mengambil data dari PT Mahakam Kencana Intan Padi dengan beberapa informan untuk diwawancarai secara mendalam, diobservasi dan divalidasi datanya dengan melakukan triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pengupahan tenaga kerja outsourcing pada PT Mahakam Kencana Intan Padi Surabaya sesuai perspektif Islam menurut Al-Quran dan Al-Hadits. Indikator yang digunakan berdasarkan ketentuan kelayakan upah minimum dan keadilan upah antar pekerja. Upah minimum PT Mahakan Kencana Intan Padi sesuai nilai-nilai Islam didasarkan kelayakan upah dalam pemenuhan kebutuhan. Tinjuan keadilan dalam perspektif Islam digambarkan perbandingan jabatan tenaga kerja sesuai gaji yang diperoleh. Pembayaran gaji PT Mahakan Kencana Intan Padi sesuai ketepatan waktu. PT. Mahakam Kencana Intan padi bukan perusahaan berbasis syari‟ah. Tetapi dari hasil kesimpulan penelitian di atas maka sistem pengupahan di PT. Mahakam Kencana Intan Padi sesuai dengan prespektif Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 83/17 Ali a
Uncontrolled Keywords: Outshourcing, Pengupahan, Perspektif Islam
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP174-190 The practice of Islam
K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3440-3460 Civil service. Government officials and employees
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
M. SAHIRUL ALIM, 041014158UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Herianingrum, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Aug 2017 22:18
Last Modified: 30 Aug 2017 22:18
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61220
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item