PENGARUH INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUNGAN TERHADAP INITIAL RETURN (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Termasuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia yang Melakukan Initial Public Offering Pada Tahun 2012-2016)

DHEDI WIDIHARTANTO, 041114044 (2017) PENGARUH INFORMASI KEUANGAN DAN NON KEUNGAN TERHADAP INITIAL RETURN (Studi Pada Perusahaan Non Keuangan yang Termasuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia yang Melakukan Initial Public Offering Pada Tahun 2012-2016). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (512kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT FEB EI 88-17 Wid p.pdf
Restricted to Registered users only until 31 August 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fenomena yang sering terjadi pada saat Initial Public Offering (IPO) adalah underpricing, dimana dari fenomena tersebut investor akan mendapatkan initial return. Iinitial return merupakan positif return yang didapat investor dari kondisi underpricing dimana adanya selisih positif antara harga saham di pasar sekunder dengan harga saham di pasar perdana pada hari pertama diperdagangkan di bursa efek. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh informasi keuangan (Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Price Earning Ratio) dan informasi non keuangan (prosentase penawaran saham dan ukurann perusahaan) terhadap initial return. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari 44 perusahaan non keuangan yang termasuk dalam Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) yang melakukan IPO pada periode 2012-2016. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan informasi keuangan (Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Price Earning Ratio) dan informasi non keuangan (prosentase penawaran saham dan ukurann perusahaan) memberikan pengaruh yang tidak signifikan terhadap initial return baik secara parsial maupun simultan, hasil ini menunjukkan bahwa pada saat periode penelitian (2012-2016) investor kurang memperhatikan informasi fundamental perusahaan dan cenderung lebih memperhatikan pergerakan harga saham, kondisi pasar dan faktor makro ekonomi seperti inflasi, pertumbuhan ekonomi, tingkat suku bunga dan kebijakan pemerintah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK FEB EI 88/17 Wid p
Uncontrolled Keywords: initial return, Return on Equity, Debt to Equity Ratio, Total Asset Turnover, Price Earning Ratio, prosentase penawaran saham, ukurann perusahaan, underpricing.
Subjects: H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1723 Bank stocks. Banking as an investment
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
DHEDI WIDIHARTANTO, 041114044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAri Prasetyo, Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: S.Sos. Sukma Kartikasari
Date Deposited: 30 Aug 2017 22:57
Last Modified: 30 Aug 2017 22:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61233
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item