PENGARUH ANESTETIKA UMUM "PROPOFOL" TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, LEUKOSIT, HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT PADA ANJING

VONNY JANSE MEHELIN MEDAH, 068811498 (1998) PENGARUH ANESTETIKA UMUM "PROPOFOL" TERHADAP JUMLAH ERITROSIT, LEUKOSIT, HEMOGLOBIN DAN HEMATOKRIT PADA ANJING. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (abstrak)
kk kh 19.99 med p.pdf

Download (668kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetabui pengaruh pemberian anestetika umum propofol terhadap gambaran darah anjing yang meliputi jumlah eritrosit, leukosit, kadar hemoglobin dan hematokrit. Penelitian ini menggunakan 6 ekor anjing jantan berumur 1 -3 tahun dengan berat badan 7 -10 kg. Setelah diadaptasikan selama 1 minggu, anjing-anjing tersebut dipuasakan selama 8 jam untuk kemudian dianestesi dengan propofol secara intravena dengan dosis 6 mg/kg berat badan. Sampel darah 2 ml diambil melalui vena cephalica pada waktu(sebelum penyuntikan propofol (0 menit ), 10, 30 dan 60 menit setelab penyuntikan. Sampel darab kemudian diperiksa untuk perbitungan eritrosit, leukosit, hemoglobin dan bematokrit. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Treatments by Subjects Designs dan datanya dianalisis menggunakan uji t.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa jumlah eritrosit, leukosit, hemoglobin dan hematokrit sebelum dianestesi dengan propofol tidak berbeda nyata dengan jumlah eritrosit, leukosit, hemoglobin dan hematokrit 10,30 dan60 menit setelah dianestesi (p>0,05). Berdasarkan basil penelitian dapat disimpulkan bahwa anestetika umum propofol tidak menyebabkan penurunan atau peningkatan pada jumlah eritrosit, leukosit, bemoglobin dan bematokrit pada anjing.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: kk kh 19.99 med p
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture > SF600-1100 Veterinary medicine > Including veterinary genetics, ethology, anatomy, physiology, embryology, pathology
Divisions: 06. Fakultas Kedokteran Hewan
Creators:
CreatorsNIM
VONNY JANSE MEHELIN MEDAH, 068811498UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDJOKO GALIONO, MS.,Drh.UNSPECIFIED
Thesis advisorR.A. SOEDJIHARTI, PhD, M.Phil., DrhUNSPECIFIED
Depositing User: Ny Wahyuni -
Date Deposited: 04 Sep 2017 01:37
Last Modified: 04 Sep 2017 01:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61269
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item