ANALISIS RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASIEN PADA LAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSU HAJI SURABAYA

VENNY CERIA KUSUMA DEWI, NIM: 040912028 (2017) ANALISIS RANCANGAN PERBAIKAN KUALITAS DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN PASIEN PADA LAYANAN INSTALASI FARMASI RAWAT JALAN RSU HAJI SURABAYA. Skripsi thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
KKB KK-2 B 113_17 Dew a ABSTRAK.pdf

Download (75kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKB KK-2 B 113_17 Dew a.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Seiring meningkatnya persaingan di bidang pelayanan publik khususnya di instalasi Farmasi RSU Haji Surabaya. Pihak Farmasi RSU Haji Surabaya dituntut untuk mampu memberikan pelayanan yang terbaik bagi para pasiennya. Dan untuk membantu memperbaiki dan meningkatkan kualitas pelayanan tersebut, perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui tingkat kesenjangan kualitas layanan instalasi farmasi RSU Haji Surabaya berdasarkan persepsi pasien. Metode yang digunakan diantaranya analisis GAP Servqual dan Fishbone Diagram. Hasilnya didapatkan bahwa dari kelima dimensi yaitu information, security and reliability, emphaty, time commitmen, dan appearance, terdapat 3 dimensi layanan yang memiliki nilai GAP melebihi batas rata-rata. Yaitu time commitmen, security and reliability, dan emphaty. Oleh karena itu perlu dilakukan perbaikan pada ketiga dimensi dengan menggunakan Fishbone Diagram untuk mengetahui pokok permasalahan. Hasil yang diperoleh diantaranya melalui penambahan tenaga kerja bagian admin dan peracik obat, menambah fasilitas peralatan, manajemen stok bahan baku yang lebih baik khususnya pada obat racikan, pemberian margin waktu yang lebih besar kepada pasien khusus pada obat racikan, pengelolaan antrian yang lebih baik, memberikan pelatihan pelayanan prima kepada semua petugas, dan memberikan pemahaman yang baik mengenai deskripsi pekerjaan setiap petugas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B 113/17 Dew a
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS156 Quality control and management
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
VENNY CERIA KUSUMA DEWI, NIM: 040912028UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
ConsultantYetty Dwi Lestari, SE., MT.,UNSPECIFIED
Depositing User: Sulistiorini
Date Deposited: 05 Sep 2017 19:26
Last Modified: 05 Sep 2017 19:26
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61288
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item