KORELASI ANTARA FRAKSI EJEKSI (EJECTION FRACTION) VENTRIKEL KIRI DENGAN KADAR ENDOTHELIN-1 PLASMA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK

Devie Caroline, NIM011181305 (2017) KORELASI ANTARA FRAKSI EJEKSI (EJECTION FRACTION) VENTRIKEL KIRI DENGAN KADAR ENDOTHELIN-1 PLASMA PADA PASIEN GAGAL JANTUNG SISTOLIK. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (796kB) | Preview
[img] Text (full text)
KARYA AKHIR DEVIE CARDIOLOGI - 011181305.pdf
Restricted to Registered users only until 6 September 2020.

Download (2MB)

Abstract

Kurang lebih 1-2% populasi dewasa di negara berkembang menderita gagal jantung, setengahnya ternyata mempunyai EF yang rendah (HFrEF). Sampai sekarang pemeriksaan biomarker pada gagal jantung telah dijadikan pilihan tambahan untuk evaluasi diagnostik pasien yang dicurigai menderita gagal jantung. Salah satu biomarker dari gagal jantung adalah Endothelin-1 (ET-1). Peningkatan kadar ET-1 telah dilaporkan pada pasien dengan gagal jantung kronis dan produksinya dapat dipengaruhi oleh aktivasi faktor neurohormonal lain yang distimulasi oleh kondisi gagal jantung, terutama disfungsi ventrikel kiri. Tujuan: Membuktikan adanya korelasi negatif antara nilai LVEF dengan kadar Endothelin-1 (ET-1) plasma pada pasien gagal jantung sistolik (HFrEF) Metode: Penelitian ini berupa penelitian eksploratif dengan desain kolerasional. Secara purposive sampling, 38 penderita gagal jantung kronis yang memenuhi kritera inklusi dan eksklusi dari ruang rawat inap dan poliklinik kardiologi diikutkan dalam penelitian. Penderita kemudian dilakukan pemeriksaan LVEF metode Biplane menggunakan ekhokardiografi, dan darah vena diambil sebanyak 3 cc kemudian disentrifugasi selama 15 menit. Pengukuran kadar Endothelin-1 menggunakan kit Quantikinine® Human Endothelin-1 immunoassay. Korelasi antara LVEF dan ET-1 diuji menggunakan uji korelasi Pearson (dan atau Spearman jika tidak berdistribusi normal). Hasil: Didapatkan rerata LVEF biplane adalah 30,05 ± 5,86%. Sedangkan hasil kadar ET-1 didapatkan nilai terendah 1,06 pg/ml, tertinggi 7,68 pg/ml, dengan rerata 2,5 ± 1,33 pg/ml. Setelah dilakukan uji normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov, data tidak berdistribusi normal. Setelah uji korelasi Spearman didapatkan hasil terdapat korelasi negatif lemah yang tidak bermakna secara statistik antara LVEF dengan ET-1 (r= -0,108, p = 0,259). Kesimpulan: Terdapat korelasi negatif lemah yang tidak bermakna antara LVEF dengan kadar ET-1 pada penderita gagal jantung sistolik (HFrEF)

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.JP 03/17 Car k
Uncontrolled Keywords: Fraksi Ejeksi Ventrikel Kiri, Biplane Method, Gagal jantung Sistolik, Endothelin-1
Subjects: R Medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Penyakit Jantung
Creators:
CreatorsNIM
Devie Caroline, NIM011181305NIM011181305
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDjoko Soemantri, Prof. Dr. , dr., Sp.JP(K), FIHAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 06 Sep 2017 02:35
Last Modified: 06 Sep 2017 02:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61317
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item