ESTIMASI MODEL REGRESI NONPARAMETRIK BIRESPON MULTIPREDIKTOR BERDASARKAN ESTIMATOR LOKAL LINIER

YUYUN AGUSTINA, 081311833043 (2017) ESTIMASI MODEL REGRESI NONPARAMETRIK BIRESPON MULTIPREDIKTOR BERDASARKAN ESTIMATOR LOKAL LINIER. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.S. 20 -17 Agu e-Abstrak.pdf

Download (727kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.S. 20 -17 Agu e.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis regresi merupakan salah satu teknik pemodelan yang paling umum digunakan dalam statistika untuk mengetahui hubungan fungsional antara variabel respon dengan satu atau lebih variabel prediktor. Regresi nonparametrik adalah pendekatan regresi yang tidak diketahui bentuk kurva regresi dan tidak memberikan asumsi bentuk kurva regresi tertentu. Estimator yang digunakan dalam skripsi ini adalah estimator lokal linier yang mempunyai kelebihan yaitu prinsip parsimoni model sehingga mempermudah dalam hal interpretasi. Algoritma dan program estimasi model regresi nonparametrik birespon multiprediktor berdasarkan estimator lokal linier diterapkan pada data Angka Harapan Hidup dan Angka Kematian Bayi di Propinsi Jawa Timur dengan lima variabel predikor (persentase rumah tangga yang menggunakan sumber air bersih untuk minum adalah air kemasan, persentase bayi usia 0-11 bulan yang pernah diberi ASI selama 1-3 bulan, persentase persalinan yang dibantu tenaga medis, persentase persalinan yang dibantu tenaga non medis, dan laju pertumbuhan ekonomi) serta menghasilkan nilai MSE sebesar 12,0706 dan nilai R-Square sebesar 96,8621%. Berdasarkan hasil estimasi terhadap 38 kabupaten/kota di Propinsi Jawa Timur, Kabupaten Sampang merupakan kabupaten dengan Angka Harapan Hidup terendah dan variabel prediktor kelima yaitu laju pertumbuh-an ekonomi memberikan kontribusi yang paling tinggi dibandingkan keempat variabel prediktor yang lain dimana setiap kenaikannya satu persen yang menyebabkan peningkatan Angka Harapan Hidup dan penurunan Angka Kematian Bayi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.S 20-17 Agu e
Uncontrolled Keywords: Nonparametric Regression, Bi-response, Multipredictor, Local of linear, The Number of Hope of Living, The Number of Infant Mortality
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Statistika
Creators:
CreatorsNIM
YUYUN AGUSTINA, 081311833043UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNur Chamidah, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorArdi Kurniawan, Dr., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Mrs. Djuwarnik Djuwey
Date Deposited: 06 Sep 2017 17:21
Last Modified: 06 Sep 2017 17:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61324
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item