TEKNIK PEMIJAHAN BAWAL BINTANG (Trachinotus Blochii) DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA LAUT LOMBOK, SEKOTONG BARAT, NUSA TENGGARA BARAT

JUANG AKBAR SPESPATRI, 141311133224 (2017) TEKNIK PEMIJAHAN BAWAL BINTANG (Trachinotus Blochii) DI BALAI PERIKANAN BUDIDAYA LAUT LOMBOK, SEKOTONG BARAT, NUSA TENGGARA BARAT. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.17-17 Spe t ABSTRAK.pdf

Download (328kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.17-17 Spe t LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 15 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Nusa Tenggara Barat. Dosen Pembimbing Sudarno, Ir., M.Kes Bawal bintang merupakan salah satu ikan laut yang cukup diminati oleh masyarakat Indonesia. Ikan bawal bintang memiliki ciri sebagai berikut tubuh bawal bintang berbentuk ramping (much compressed) dengan ekor bercagak (forked). Tubuh berwarna putih keperakan di bagian lateral dan ventral serta abu-abu kehijauan pada bagian dorsal. Bentuk mulut sub terminal, dengan dilengkapi gigi kecil halus (feliform teeth). Permukaan tubuh ditutupi sisik kecil bertipe sisir (ctenoid), dan mempunyai gurat sisi (lateral fin) melengkung mengikuti profil punggung (Saint-paul dalam Supriatna 1998). Tujuan Praktek Kerja Lapang ini adalah mempelajari secara langsung teknik pemijahan ikan bawal bintang. Praktek Kerja Lapang telah dilaksanakan di Balai Besar Perairan Budidaya Laut Lombok. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Januari 2016 sampai tanggal 18 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Hasil observasi, wawancara dan partisipasi aktif didapatkan teknik pemijahan bawal bintang di BBPBL Sekotong Lombok melalui beberapa tahap. Pertama, diawali dengan persiapan bak utama yang telah dicuci hingga bersih. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi induk menggunakan selang kanulasi. Lalu diberikan hormon rangsangan untuk induk yang sudah terseleksi. Setelah pemberian hormon CGH (Chorionic Gonadotropin Hormon), ikan bawal bintang dibiarkan selama ± 12 jam sampai terlihat telur mengapung di permukaan bak. Jika telur ikan bawal bintang sudah nampak maka, telur siap dipanen menggunakan egg cllector. Setelah itu telur di seleksi sebelum ditebarkan pada bak larva.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.17/17 Spe t
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
JUANG AKBAR SPESPATRI, 141311133224UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Sep 2017 21:36
Last Modified: 14 Sep 2017 21:36
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61481
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item