IDENTIFIKASI EKTOPARASIT Vorticella sp. PADA BENIH UDANG WINDU (Penaeus monodon) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU (BBPBAP) JEPARA, JAWA TENGAH

DINI RAHAYUNING MARDIKA, 141311133129 (2017) IDENTIFIKASI EKTOPARASIT Vorticella sp. PADA BENIH UDANG WINDU (Penaeus monodon) DI BALAI BESAR PERIKANAN BUDIDAYA AIR PAYAU (BBPBAP) JEPARA, JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
PKL.PK.BP.27-17 Mar i ABSTRAK.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
PKL.PK.BP.27-17 Mar i LAPORAN PKL.pdf
Restricted to Registered users only until 19 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang windu (Penaeus monodon, Fab.) merupakan primadona komoditas non migas dari sector perikanan. Banyak faktor yang mempengaruhi keberhasilan dalam budidaya udang antara lain kualitas air, mutu benih, pakan, penerapan teknologi dan penyakit. Sejalan dengan berkembangnya usaha budidaya udang tersebut, terdapat pula beberapa masalah yang mengganggu, sehingga menghambat perkembangan usaha budidaya, yaitu hama dan penyakit ikan pada pembenihan. Apabila keadaan tersebut tidak segera ditanggulangi lebih awal, maka kegiatan budidaya ikan akan terganggu,akibatnya produksi ikan akan menurun karena tingkat kematiannya tinggi. Tujuan dari pelaksanaan Praktek Kerja Lapang (PKL) ini adalah untuk mengetahui metode identifikasi ektoparasit Vorticella sp. Pada benih udang windu (Penaeus monodon) dan mengetahui jenis ektoparasit Vorticella sp. yang menyerang benih udang windu (Penaeus monodon). Praktek Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Desa Bulu, Kecamatan Jepara, Kabupaten Jepara, Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan PKL ini dilaksanakan mulai tanggal 18 Januari hingga 12 Februari 2016. Metode kerja yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang ini adalah metode deskriptif dengan pengambilan data yang meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, partisipasi aktif dan studi pustaka. Hasil Praktek Kerja Lapang yang telah dilakukan, Prosedur pemeriksaan ektoparasit meliputi persiapan wadah, persiapan alat dan bahan serta pengambilan sampel di lapangan. Ektoparasit yang teridentifikasi menyerang benih udan windu semua stadia diamati baik ukuran mysis, zoea dan post larva yaitu parasit protozoa Vorticella sp.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP.27/17 Mar i
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
DINI RAHAYUNING MARDIKA, 141311133129UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSudarno, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 18 Sep 2017 23:21
Last Modified: 18 Sep 2017 23:21
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61593
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item