ANALISIS HUBUNGAN SERVICE CONVENIENCE DENGAN KEPUASAN PASIEN (STUDI DI INSTALASI RAWAT JALAN UPT RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR)

SELLY APRIYANTI, 101311133219 (2017) ANALISIS HUBUNGAN SERVICE CONVENIENCE DENGAN KEPUASAN PASIEN (STUDI DI INSTALASI RAWAT JALAN UPT RUMAH SAKIT MATA MASYARAKAT JAWA TIMUR). Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FKM.136.17 Apr a - Abstrak.pdf

Download (56kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FKM.136.17 Apr a - Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 28 September 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator yang dinilai dalam standar pelayanan minimal rumah sakit sehingga kepuasan pasien merupakan hal yang sangat penting bagi sebuah rumah sakit. Salah satu hal yang dapat mempengaruhi kepuasan pasien terhadap pelayanan rumah sakit adalah service convenience, yaitu persepsi pasien mengenai waktu dan usaha yang berkaitan dengan pembelian atau pemakaian jasa yang ditawarkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis hubungan antara service convenience dengan kepuasan pasien. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional. Besar sampel dihitung dengan menggunakan rumus Lemeshow (1991), yaitu sebesar 72 pasien dan diambil dengan cara accidental sampling. Pengambilan data dilakukan dengan kuesioner yang disampaikan melalui wawancara. Variabel bebas pada penelitian ini adalah service convenience yang meliputi decision convenience, access convenience, benefit convenience, dan postbenefit convenience, sedangkan variabel terikat adalah kepuasan pasien. Pengolahan data dilakukan dengan uji korelasi spearman (α= 0,05) Hasil penelitian menunjukan mayoritas pasien memiliki penilaian yang baik terhadap decision convenience, benefit convenience, dan postbenefit convenience. Namun, memiliki penilaian yang kurang baik terhadap access convenience dan transaction convenience. Uji statistik menunjukan ada hubungan antara decision convenience (p= 0,043), transaction convenience (p= 0,004), benefit convenience (p= 0,000), dan postbenefit convenience (p= 0,000) dengan kepuasan pasien. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara access convenience (p= 0,164) dengan kepuasan pasien. Kesimpulan dari penelitian ini adalah decision convenience, transaction convenience, benefit convenience, dan postbenefit convenience berhubungan dengan kepuasan pasien sedangkan access convenience tidak berhubungan dengan kepuasan pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKM.136.17 Apr a
Uncontrolled Keywords: kepuasan pasien, service convenience rumah sakit, manajemen rumah sakit
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
SELLY APRIYANTI, 101311133219UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNyoman Anita Damayanti, Dr., drg., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 05 Dec 2017 15:56
Last Modified: 05 Dec 2017 15:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61870
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item