ANALISIS PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI HAMBATAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI AKDR PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR BERDASARKAN TEORI HEALTH PROMOTION MODEL DI PUSKESMAS MULYOREJO SURABAYA

SRI REZEKI AMANDA, 131211131011 (2016) ANALISIS PERSEPSI MANFAAT, PERSEPSI HAMBATAN DENGAN PEMILIHAN KONTRASEPSI AKDR PADA WANITA PASANGAN USIA SUBUR BERDASARKAN TEORI HEALTH PROMOTION MODEL DI PUSKESMAS MULYOREJO SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FKP N 92-17 Ama a Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FKP N 92-17 Ama a Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 29 September 2019.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

BKKBN menggalakkan program penggunaan kontrasepsi MKJP salah satunya kontrasepsi AKDR. Pada wanita pasangan usia subur (PUS) faktor yang sampai saat ini memicu rendahnya penggunaan AKDR adalah adanya persepsi manfaat rendah dan persepsi hambatan yang tinggi. Teori Health Promotion Model (HPM) merupakan teori yang menggambarkan interaksi manusia dengan lingkungan fisik dan interpersonalnya dalam berbagai dimensi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian deskriptif analitik pendekatan cross sectional. Populasi adalah semua wanita pasangan usia subur yang menjadi askeptor baru di Puskesmas Mulyorejo. Total sampel sebanyak 67 responden diambil dengan teknik cluster sampling. Variabel independen penelitian ini adalah persepsi manfaat dan persepsi hambatan. Variabel dependen penelitian ini adalah pemilihan kontrasepsi AKDR. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dianalisis menggunakan uji Spearman rho dengan tingkat kemaknaan α ≤ 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan korelasi yang signifikan antara persepsi manfaat (p= 0,000) dan persepsi hambatan (p=0,000) dengan pemilihan kontrasepsi AKDR. Persepsi manfaat mempunyai koefisien korelasi sebesar 0,731 yang menunjukkan hubungan kuat dengan arah hubungan positif. Persepsi hambatan mempunyai koefisien korelasi sebesar -0,735 yang menunjukkan hubungan kuat dengan arah hubungan negatif. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melibatkan faktor-faktor lain dari teori HPM. Petugas kesehatan dan instansi BKKBN agar dapat memberikan edukasi tentang kontrasepsi AKDR.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK FKP.N.92/17 Ama a
Uncontrolled Keywords: Kontrasepsi, AKDR, Persepsi Manfaat, Persepsi Hambatan
Subjects: R Medicine > RT Nursing > RT1-120 Nursing
Divisions: 13. Fakultas Keperawatan
Creators:
CreatorsNIM
SRI REZEKI AMANDA, 131211131011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNi Ketut Alit Armini, S.Kp.,M.KesUNSPECIFIED
Thesis advisorTiyas Kusumaningrum, S.Kep.,Ns.,M.KepUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 07 Dec 2017 18:23
Last Modified: 07 Dec 2017 18:23
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/61950
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item