OPTIMASI PERTUMBUHAN EKSPLAN BATANG DAN KANDUNGAN FLAVONOID TANAMAN SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens (Lour.) Merr.) DALAM BIOREAKTOR BERGELEMBUNG TIPE BALON

Ira Nailas Sa’adah, 081424153003 (2017) OPTIMASI PERTUMBUHAN EKSPLAN BATANG DAN KANDUNGAN FLAVONOID TANAMAN SAMBUNG NYAWA (Gynura procumbens (Lour.) Merr.) DALAM BIOREAKTOR BERGELEMBUNG TIPE BALON. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (65kB) | Preview
[img] Text (full text)
IRA NAILAS SA'ADAH 081424153003.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Tanaman Gynura procumbens (Sambung Nyawa) telah banyak digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati beberapa gangguan kesehatan, seperti hyperglycaemic, hipertensi, diabetes, dan alergi. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh produksi optimal tunas, kandungan flavonoid total dan profil flavonoid tanaman G. procumbens dalam bioreaktor bergelembung tipe balon menggunakan variasi konsentrasi sukrosa (10 g L-1, 30 g L-1, dan 50 g L-1) dan kerapatan eksplan ( 5, 10, dan 15 eksplan). Bagian tanaman yang digunakan adalah batang G. procumbens yang ditanam dalam bioreaktor bergelembung tipe balon menggunakan media cair Murashige dan Skoog (MS) dengan penambahan IAA 2 mg L-1 dan BAP 4 mg L-1. Kandungan flavonoid total diukur menggunakan spektrofotometer UV-Vis (λ= 510 nm) dan profil flavonoid diuji menggunakan kromatografi lapis tipis (KLT). Hasil penelitian menunjukkan bahwa biomassa dan indeks pertumbuhan tertinggi diperoleh pada perlakuan sukrosa 50 g L-1. Biomassa tertinggi diperoleh pada perlakuan kerapatan 10 eksplan. Perlakuan kerapatan 5 eksplan baik untuk produksi tunas. Produksi flavonoid total tertinggi pada perlakuan sukrosa dihasilkan pada pemberian sukrosa 10 g L-1. Pada perlakuan kerapatan eksplan produksi flavonoid total tertinggi diperoleh pada perlakuan 5 eksplan. Hasil KLT (Kromatografi Lapis Tipis) menunjukkan bahwa perlakuan sukrosa 50 g L-1 membentuk noda yang mirip dengan tanaman ex-vitro. Perlakuan kerapatan eksplan membentuk noda yang berbeda antara satu dengan lainnya. Dari hasil penelitian ini membuktikan bahwa metode bioreaktor bergelembung tipe balon dapat digunakan untuk produksi biomassa dan senyawa metabolit sekunder tunas tanaman G. procumbens secara optimal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB 29/17 Sa'a o
Uncontrolled Keywords: biomassa, bioreaktor bergelembung tipe balon, Gynura procumbens, sukrosa, kultur tunas
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsNIM
Ira Nailas Sa’adah, 081424153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorY. Sri Wulan Manuhara, Dr. , M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2017 16:05
Last Modified: 03 Oct 2017 16:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62370
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item