SKRINING BAKTERI ENDOFIT POTENSIAL PENGHASIL FITOHORMON Indole Acetic Acid (IAA) DAN KEMAMPUAN DALAM PELARUTAN FOSFAT DARI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) var. situ bagendit

DYAH AYU SRI HARTANTI, 081524153003 (2017) SKRINING BAKTERI ENDOFIT POTENSIAL PENGHASIL FITOHORMON Indole Acetic Acid (IAA) DAN KEMAMPUAN DALAM PELARUTAN FOSFAT DARI TANAMAN PADI (Oryza sativa L.) var. situ bagendit. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (29kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
DYAH AYU SRI H. BARU S2 BIOLOGI UNAIR.compressed.pdf
Restricted to Registered users only until 4 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan untuk menghasilkan Indole Acetic Acid (IAA) dan kemampuan dalam pelarutan fosfat oleh bakteri endofit merupakan salah satu kriteria untuk pemanfaatan bakteri sebagai agen pemacu pertumbuhan tanaman, khususnya pada tanaman padi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan isolat-isolat bakteri endofit penghasil Indole Acetic Acid (IAA) potensial dan kemampuannya dalam pelarutan fosfat dari akar tanaman padi (Oryza sativa L.) varietas situ bagendit dan juga mengetahui peranannya dalam membantu proses pertumbuhan benih padi. Pada tahap penelitian observasional, metode yang digunakan untuk uji penghasil Indole Acetic Acid (IAA) adalah metode spetrofotometri dan HPLC, sedangkan uji pelarut fosfat secara kualitatif dengan melihat zona bening yang terbentuk. Ditemukan 4 jenis bakteri endofit penghasil IAA dan mampu dalam pelarutan fosfat. Isolat tersebut adalah EPS1, EPS2, EPS3, dan EPS4 yang masing-masing adalah salah satu dari genus Pseudomonas, Bacillus, Enterobacter, dan Azotobacter. Isolat EPS2 mampu menghasilkan konsentrasi nilai ppm IAA tertinggi yaitu sebesar 10.06 ppm dan terbaik dalam pelarutan fosfat pada media pikovkaya agar dengan nilai indeks pelarutan fosfat sebesar 2.07. Pada tahap penelitian eksperimental, yaitu dengan merendam benih tanaman padi kedalam suspensi bakteri untuk melihat kemampuan pertumbuhan tanaman padi dengan mengukur parameter pertumbuhan tanaman seperti jumlah daun, jumlah akar, panjang akar, dan tinggi tanaman.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TB 36/17 Har s
Uncontrolled Keywords: Bakteri endofit, Indole Acetic Acid (IAA), pelarut fosfat, padi.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Biologi (S2)
Creators:
CreatorsNIM
DYAH AYU SRI HARTANTI, 081524153003UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTini Surtiningsih, Prof. Ir. Dr. , DEAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 03 Oct 2017 17:33
Last Modified: 03 Oct 2017 17:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62419
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item