“PERLINDUNGAN BAGI PEMEGANG OBLIGASI DENGAN JAMINAN PROPERTY (MORTGAGE BOND) DAN OBLIGASI DENGAN JAMINAN GUARANTOR (GUARRANTED BOND)”

HANIEFA EFFENDI, S.H., 031424253086 (2017) “PERLINDUNGAN BAGI PEMEGANG OBLIGASI DENGAN JAMINAN PROPERTY (MORTGAGE BOND) DAN OBLIGASI DENGAN JAMINAN GUARANTOR (GUARRANTED BOND)”. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (62kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 5 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

Penerbitan Obligasi di pasar modal merupakan suatu cara untuk Emiten mendapatkan dana secara cepat sehingga dapat digunakan dalam pembiayaan atau melakukan ekspansi perusahaan. Berinvestasi di Obligasi tak lepas dari resiko, karena penerbit Obligasi bisa saja mengalami default atau gagal membayar kewajibannya. Untuk mendapatkan kepercayaan Investor agar membeli Obligasi, pihak Emiten dapat menawarkan Obligasi yang berjaminan khusus (Secured Bond). Dalam penerbitan Secured Bond dibuat perjanjian penjaminan. Perjanjian penjaminan tersebut merupakan bentuk perlindungan hukum untuk pemegang Obligasi. Tipe penulisan ini merupakan penelitian hukum normatif. Pendekatan-pendekatan yang digunakan dalam penelitian hukum ini adalah pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan Pendekatan konseptual (conceptual approach). Hasil penelitian menunjukkan bahwa perjanjian penjaminan dalam Mortgage Bond dituangkan dalam Akta Pengikatan Hak Tanggungan dan Guarranted Bond dituangkan dalam akta perjanjian Borgtocht yang bertujuan untuk melindungi hak para pemegang Obligasi. Apabila Emiten default maka sisa pembayaran dapat di tagihkan kepada Guarantor ataupun dari hasil lelang aset jaminan sesuai dengan klausula dalam perjanjian penjaminan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 88/17 Eff p
Uncontrolled Keywords: Obligasi, Mortgage Bond, Guarranted Bond, perjanjian penjaminan, perlindungan hukum.
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
HANIEFA EFFENDI, S.H., 031424253086UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMas Rahmah, Dr. , S.H., M.H., LL.M.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 04 Oct 2017 22:50
Last Modified: 04 Oct 2017 22:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62693
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item