PENGARUH VARIASI KONSENTRASI INOKULUM BAKTERI Acetobacter aceti DAN LAMA WAKTU INKUBASI PADA FERMENTASI ASAM ASETAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AIR KELAPA

WENDY RUTH CHRISTANTY, 081311433041 (2017) PENGARUH VARIASI KONSENTRASI INOKULUM BAKTERI Acetobacter aceti DAN LAMA WAKTU INKUBASI PADA FERMENTASI ASAM ASETAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AIR KELAPA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.47.17 . Chr.p - ABSTRAK.pdf

Download (198kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.47.17 . Chr.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi konsentrasi inokulum bakteri Acetobacter aceti, lama waktu fermentasi, dan kombinasi keduanya terhadap kadar asam asetat. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat eksperimental menggunakan rancangan faktorial 4x4, yang terdiri dari faktor pertama berupa konsentrasi inokulum bakteri Acetobacter aceti dengan 4 taraf konsentrasi (5%, 10%, 15%, dan 20%) dan faktor kedua berupa lama waktu fermentasi dengan 4 taraf lama waktu (3 hari, 6 hari, 9 hari, dan 12 hari) menggunakan 3 kali ulangan. Variabel yang diukur berupa kadar asam asetat dengan metode titrasi yang terdapat pada masing-masing perlakuan. Data kadar asam asetat tersebut dianalisis menggunakan uji normalitas Kolmogorov Smirnov dan uji homogenitas Levene Test yang dilanjutkan menggunakan uji Brown Forsythe dan Games Howelldengan taraf 5 %. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi inokulum bakteri Acetobacter aceti berpengaruh terhadap kadar asam asetat yang dihasilkan. Perlakuan konsentrasi inokulum tertinggi pada konsentrasi inokulum 15 % memberikan hasil kadar asam asetat sebesar 12.42 %. Lama waktu fermentasi berpengaruh terhadap kadar asam aetat. Kadar asam asetat tertinggi terdapat pada perlakuan lama waktu fermentasi 9 hari sebesar 14.50 %. Kombinasi dari konsentrasi inokulum bakteri Acetobacter aceti dan lama waktu fermentasi berpengaruh terhadap kadar asam asetat. Hasil dari perlakuan kombinasi menunjukkan kadar asam asetat tertinggi pada kombinasi K3W3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.47/17 Chr p
Uncontrolled Keywords: konsentrasi inokulum bakteri Acetobacter aceti, lama waktu fermentasi, asam asetat, air kelapa.
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
WENDY RUTH CHRISTANTY, 081311433041UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAgus Supriyanto, Drs., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorNi’matuzahroh, Dr.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:35
Last Modified: 27 Dec 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62792
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item