ANALISIS KADAR TIMBAL DAN KROMIUM YANG TERKANDUNG PADA GONAD IKAN BADER PUTIH (Barbonymus gonionotus), BADER MERAH (Barbonymus balleroides), DAN AIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BRANTAS

ANTIEN REKYAN SETA, 081311433008 (2017) ANALISIS KADAR TIMBAL DAN KROMIUM YANG TERKANDUNG PADA GONAD IKAN BADER PUTIH (Barbonymus gonionotus), BADER MERAH (Barbonymus balleroides), DAN AIR DI DAERAH ALIRAN SUNGAI BRANTAS. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPB.49.17 . Set.a - ABSTRAK.pdf

Download (211kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPB.49.17 . Set.a - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 6 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya beda kadar timbal (Pb) dan kromium (Cr) yang terkandung di dalam gonad ikan bader putih (Barbonymus gonionotus), bader merah (Barbonymus balleroides), dan air dari tiga stasiun yang ada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Brantas. Penelitian ini dilakukan di Waduk Karangkates, Sungai Kali Surabaya, dan Sungai Kali Jagir dengan replikasi sebanyak tiga kali yaitu dilakukan pada bulan Maret, Juni, dan September 2016. Gonad ikan diambil dari ikan yang memiliki panjang tubuh ± 15 – 20 cm. Pengambilan sampel air dilakukan pada masing-masing stasiun. Analisis kadar Pb dan Cr dilakukan dengan metode Spektrofotometri Serapan Atom (SSA). Berdasarkan hasil analisis, tidak ada beda yang signifikan untuk kadar Pb dan Cr pada gonad ikan bader putih (Barbonymus gonionotus) dan bader merah (Barbonymus balleroides). Tidak terdapat pula beda yang signifikan untuk kadar Pb di air dari ketiga stasiun. Sedangkan, kadar Cr pada air dari ketiga stasiun terdapat beda yang signifikan. Kadar Cr pada air Waduk Karangkates berbeda signifikan dengan Sungai Kali Surabaya dan Sungai Kali Jagir. Namun, kadar Cr pada air dari stasiun Sungai Kali Surabaya tidak ada beda dengan Sungai Kali Jagir.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.49/17 Set a
Uncontrolled Keywords: Timbal, kromium, gonad, Barbonymus gonionotus, Barbonymus balleroides, DAS Brantas
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
ANTIEN REKYAN SETA, 081311433008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAlfiah Hayati, Dr.UNSPECIFIED
Thesis advisorTrisnadi W. C. P, M, Drs., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 17:35
Last Modified: 27 Dec 2017 17:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/62802
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item