ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA ALKALOID KUINOLIN DARI DAUN Melicope moluccana T.G. HARTLEY SERTA AKTIVITASNYA SEBAGAI ANTIPLASMODIAL

RYAN AYUB WAHJOEDI, 081115023 (2017) ISOLASI DAN KARAKTERISASI SENYAWA ALKALOID KUINOLIN DARI DAUN Melicope moluccana T.G. HARTLEY SERTA AKTIVITASNYA SEBAGAI ANTIPLASMODIAL. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPK 17-17 Wah i Abstrak.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPK 17-17 Wah i Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Melicope moluccana T. G. Hartley merupakan salah satu spesies dari famili Rutaceae yang merupakan tumbuhan endemik Maluku dan lebih dikenal dengan nama sampang. Senyawa yang banyak ditemukan pada tanaman ini adalah golongan alkaloid. Alkaloid kuinolin merupakan salah satu jenis alkaloid yang paling banyak ditemukan pada tumbuhan Melicope. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengisolasi dan menentukan struktur senyawa alkaloid kuinolin dari daun. Melicope moluccana, serta menentukan aktivitas antiplasmodial senyawa alkaloid kuinolin hasil isolasi terhadap Plasmodium falciparum 3D7 yang sensitif terhadap klorokuin. Ekstraksi dan isolasi senyawa alkaloid kuinolin dari daun Melicope moluccana menggunakan pelarut metanol yang dilanjutkan dengan fraksinasi dan pemurnian menggunakan berbagai teknik kromatografi meliputi kromatografi cair vakum, kromatografi kolom tekan dan kromatografi radial menghasilkan dua senyawa alkaloid furokuinolin, yakni leptanoin C dan 7-Oisoprenil- γ-fagarin. Struktur keduanya ditetapkan berdasarkan metode spektroskopi meliputi UV, IR, HRESIMS, 1D NMR (1H-NMR dan 13C-NMR) serta 2D NMR (HMBC dan HMQC). Uji aktivitas antiplasmodial senyawa leptanoin C dan 7-O-isoprenil-γ-fagarin menggunakan metode Trager and Jensen terhadap Plasmodium falciparum memperlihatkan nilai IC50 berturut-turut 2,28 ppm; dan 0,18 ppm. Pengamatan mikroskopik kedua senyawa mampu menghambat pertumbuhan sel plasmodium pada fase ring. Hal ini menunjukkan bahwa senyawa hasil isolasi berpotensi sebagai alternatif antiplasmodial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK.17/17 Wah i
Uncontrolled Keywords: Melicope moluccana., leptanoin C, 7-O-isoprenil-γ-fagarin, antiplasmodial
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
RYAN AYUB WAHJOEDI, 081115023UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTjitjik Srie Tjahjandarie, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorMulyadi Tanjung, Dr. , M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 11 Dec 2017 23:04
Last Modified: 11 Dec 2017 23:04
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63110
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item