REDESIGN SISTEM PEMESANAN TIKET KENDARAAN BERBASIS E-TICKETING (STUDI KASUS PADA PT DHARMA LAUTAN UTAMA LINTASAN SURABAYA-BANJARMASIN)

VIVI DWI SUSANTI, 040913348 (2012) REDESIGN SISTEM PEMESANAN TIKET KENDARAAN BERBASIS E-TICKETING (STUDI KASUS PADA PT DHARMA LAUTAN UTAMA LINTASAN SURABAYA-BANJARMASIN). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img] Text (FULLTEXT)
gdlhub-gdl-s1-2012-susantiviv-20007-a.52-1-k.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2012-susantiviv-23641-a.-52--1-k.pdf

Download (405kB)
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dengan pendekatan kualitatif studi kasus pada PT Dharma Lautan Utama (PT DLU) dengan judul “REDESIGN SISTEM PEMESANAN TIKET KENDARAAN BERBASIS E-TICKETING (Studi Kasus pada PT Dharma Lautan Utama Lintasan Surabaya-Banjarmasin)”. PT DLU adalah salah satu perusahaan pelayaran nasional yang menyediakan jasa angkutan laut dan penyeberangan dengan segmen pasar muatan penumpang. Adapun visi PT DLU adalah layanan yang mencakup wilayah nusantara, dioperasikan oleh manusia Indonesia yang profesional dilengkapi dengan perlengkapan teknologi lanjut, menjamin mutu layanan jasa dengan standar internasional, memberikan nilai tambah yang maksimal, dan mempunyai daya saing bisnis tinggi. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk menerapkan sistem e-ticketing yang efektif, efisien dan terkelola dengan baik. Hal ini dikarenakan untuk menghadapi persaingan yang ketat akibat adanya azas zabotage yaitu Undang- Undang Republik Indonesia No. 17 tahun 2008 tentang pelayaran pasal 8 ayat 1 dan 2. Adapun permasalahan yang dihadapi pada sistem pemesanan tiket kendaraan yang berjalan saat ini yaitu adanya waktu tunggu konfirmasi dari pihak PT DLU maksimal delapan jam sebelum keberangkatan kapal dan pembayaran dilakukan secara tunai. Dengan sistem yang berjalan tersebut, memungkinkan customer untuk berpindah ke pihak kompetitor. Usulan redesign pemesanan tiket kendaraan dengan model Operational Information System berbasis e-ticketing yang berfokus pada subsystem output operational subsystems dan effective and efficiency subsystems diharapkan dapat menyelesaikan permasalahan yang terjadi pada sistem yang berjalan saat ini. Dengan demikian akan tercipta sistem e-ticketing yang efektif, efisien dan terkelola dengan baik dan dapat meningkatkan penjualan pada PT DLU lintasan Surabaya-Banjarmasin.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 52/12 Sus r
Uncontrolled Keywords: OPERATIONAL INFORMATION SYSTEM
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK5105 Computer networks and Data transmission systems
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
VIVI DWI SUSANTI, 040913348UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDebby Ratna Daniel, Dr. rer. pol., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 23 Apr 2012 12:00
Last Modified: 21 Jul 2016 01:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/6312
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item