DESAIN ENKAPSULASI EKSTRAK BIJI MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) DENGAN KITOSAN TERIKAT SILANG OKSALIL KLORIDA UNTUK APLIKASI NANO-INSEKTISIDA

NINDAYU INDRASARI, 081311533074 (2017) DESAIN ENKAPSULASI EKSTRAK BIJI MIMBA (Azadirachta indica A. Juss) DENGAN KITOSAN TERIKAT SILANG OKSALIL KLORIDA UNTUK APLIKASI NANO-INSEKTISIDA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
MPK 39-17 Ind d Abstrak.pdf

Download (239kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
MPK 39-17 Ind d Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 10 October 2020.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini dilakukan modifikasi nanoenkapsulasi kitosan sebagai enkapsulan, tanaman mimba sebagai bahan aktif dan oksalil klorida sebagai pengikat silang yang digunakan untuk insektisida nabati. Tujuan dari penelitian ini yaitu diharapkan mampu memperkuat nanoenkapsulan yang terbentuk sehingga dapat memberantas hama dan melepaskan insektisida nabati secara terkontrol serta ramah lingkungan. Nanoenkapsulasi merupakan teknologi untuk melapisi zat/bahan aktif pada skala nano. Metode tersebut digunakan untuk memodifikasi biji mimba (Azadirachta indica A. Juss). Modifikasi biji mimba dilakukan dengan mencampurkan kitosan terikat silang oksalil klorida dengan biji mimba yang larut dalam n-heksan dan kemudian di ultrasonikasi. Larutan hasil sonikasi tersebut disebut produk nanoenkapsulan ekstrak biji mimba. Produk nanoenkapsulan diuji kestabilitasannya terhadap pH, suhu dan radiasi sinar UV serta dikarakterisasi menggunakan FTIR, spektrofotometer UV-Vis dan DLS. Produk nanoenkapsulan berhasil berbentuk nano material yang stabil terhadap perubahan pH, suhu dan radiasi sinar UV dengan ditunjukkan dari tidak adanya perubahan warna pada larutan serta ditunjukkan dari karakterisasi DLS bahwa produk nanoenkapsulan biji mimba memiliki rata-rata diameter partikel 408.1 nm serta hasil FTIR produk nanoenkapsulan memunculkan serapan gugus amida pada 1639.49 cm-1, sehingga zat aktif pada biji mimba dapat berhasil terenkapsulasi oleh kitosan terikat silang oksalil klorida tanpa mengubah fungsinya dan dapat melepaskan zat aktif secara terkontrol pada pH 7 serta mampu meningkatkan efektifitas insektisidanya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPK.39/17 Ind d
Uncontrolled Keywords: Nanoenkapsulasi, biji mimba, kitosan, oksalil klorida, pelepasan terkontrol
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia
Creators:
CreatorsNIM
NINDAYU INDRASARI, 081311533074UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Zakki Fahmi, S.Si, Ph.DUNSPECIFIED
Thesis advisorAhmadi Jaya Permana, NIDN0027078707UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 14 Dec 2017 19:24
Last Modified: 14 Dec 2017 19:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63182
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item