PENGARUH HORIZONTAL SPILLOVERS TERHADAP TOTAL FACTOR PRODUCTIVITY PADA INDUSTRI KOMPUTER, BARANG ELEKTRONIK DAN OPTIK DI INDONESIA : LEVINSOHN-PETRIN DAN GENERLIZED METHOD OF MOMENT

DENNY TUASELA, 041311133132 (2017) PENGARUH HORIZONTAL SPILLOVERS TERHADAP TOTAL FACTOR PRODUCTIVITY PADA INDUSTRI KOMPUTER, BARANG ELEKTRONIK DAN OPTIK DI INDONESIA : LEVINSOHN-PETRIN DAN GENERLIZED METHOD OF MOMENT. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ARILANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
C-122 - 17 Tua p - abstrak.pdf

Download (273kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
C-122 - 17 Tua p - sec.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Salah satu kebijakan yang cukup penting untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan ekonomi khususnya di negara berkembang yaitu bagaimana sebuah negara dapat mengupayakan adanya peningkatan FDI (Foreign Direct Investmen) . Penelitian ini bertujuan untuk mengukur total factor productiviy dan juga menjelaskan keberadaan spillover yang di hasilkan oleh FDI ke perusahaan domestik maupun secara keseluruhan di dalam sektor yang sama. Menggunakan data panel, data yang digunakan yaitu data sekunder yang diperoleh dari Badan Pusat Statistika Indonesia Survey tahunan industri manufaktur pada tahun 2008- 2013 yang kemudian dalam penelitian ini berfokus pada industri elektronik, komputer dan optik di didengan jumlah periode selama 6 tahun sebanyak 1500 perusahaan. Dalam penelitian ini menggunakan 2 metode pengujian data yaitu Levinsohn-petrin producitvity estimator dan Generalized Method of Momment. Hasil temuan metode pertama penelitian ini menyatakan bahwa variabel kapital dan tenaga kerja berpengaruh signfikan terhadap nilai tambah, sedangkan untuk skala produksi industri dinyatakan masih belum memiliki skala produksi CRTS dan untuk pertumbuhan produktivitas indsutri masih bernilai negatif. Temuan metode kedua menyatakan adanya spillover negatif yang dirasakan oleh perusahaan domestik sedangkan secara keseluruhan terindikasi adanya spillover positif akibat imigrasi tenaga kerja perusahaan asing ke perusahaan domestik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 C.122 - 17 Tua p
Uncontrolled Keywords: Total Faktor Produktivitas Industri, Skala Produksi, Tenaga Kerja, Kapital, Nilai Tambah, FDI Spillover.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD9680-9714 Mechanical industries Including electric utilities, electronic industries, and machinery
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Pembangunan
Creators:
CreatorsNIM
DENNY TUASELA, 041311133132UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorDya Wulan Sari, Dra.Ec., M.Ec. Dev., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email binkol@lib.unair.ac.id
Date Deposited: 25 Jan 2018 22:09
Last Modified: 25 Jan 2018 22:09
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63507
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item