PEMBEBANAN JAMINAN FIDUSIA PADA PEMBIAYAAN UMKM DALAM MODEL PEMBIAYAAN BERSAMA ANTARA BANK SYARIAH DENGAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH

ASHOFATUL LAILIYAH, S.H., 031424253048 (2017) PEMBEBANAN JAMINAN FIDUSIA PADA PEMBIAYAAN UMKM DALAM MODEL PEMBIAYAAN BERSAMA ANTARA BANK SYARIAH DENGAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (90kB) | Preview
[img] Text (full text)
TESIS_PERPUS_ASHOFATUL.pdf
Restricted to Registered users only until 12 October 2020.

Download (657kB)

Abstract

Debitor pemilik jaminan yang objek jaminannya akan dieksekusi dikarenakan debitor telah wanprestasi atas pembiayaan Musyarakah juga harus mendapatkan perlindungan hukum. Pokok permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah tentang siapakah yang berhak membebankan jaminan fidusia pada pembiayaan UMKM dalam model pembiayaan bersama antara Bank Syariah dengan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS). Penelitian ini adalah jenis penelitian hokum yaitu penelitian yang bertujuan menemukan preskripsi terhadap suatu peristiwa hukum.Disamping itu juga penelitian ini menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach) dan pendekatan konseptual (conceptual approach).Hasil penelitian dari tesis ini menunjukkan bahwa dalam pembiayaan antara BPRS dan debitor atau nasabah UMKM BPRS lah yang berhak membebankan Jaminan fidusia atas barang milik nasabah UMKM tersebut meskipun dana yang diberikan pada Nasabah UMKM tersebut juga merupakan dana dari Bank Syariah. Dan apabila terjadi wanprestasi yang dilakukan oleh nasabah UMKM tersebut maka yang berhak mengeksekusi adalah BPRS.Maka akan dilakukan eksekusi dengan cara lelang dari pihak BPRS. Pada pembiayaan bermasalah maka upaya yang dikedepankan adalah bermusyawarah terlebih dahulu yang diwujudkan dalam upaya restrukturisasi pembiayaan.Jika penyelamatan dengan restrukturisasi tidak berhasil baru dapat melakukan eksekusi objek fidusia sesuai Pasal 6 jo.20 UUHT. Debitor dapat melakukan perlawanan jika merasa dirugikan atas penetapan eksekusi lelang dari pihak bank dengan mengajukan perlawanan (verzet) kepangadilan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TMK 176/17 Lai p
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Hukum, Eksekusi Jaminan Fidusia, Pembiayaan Musyarakah bermasalah
Subjects: K Law
Divisions: 03. Fakultas Hukum > Magister Kenotariatan
Creators:
CreatorsNIM
ASHOFATUL LAILIYAH, S.H., 031424253048UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorTrisadini Prasastinah Usanti, Dr. , S.H., MHUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 11 Oct 2017 23:02
Last Modified: 11 Oct 2017 23:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/63681
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item