ENVIRONMENTAL MANAGEMENT ACCOUNTING SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI ECO-EFFICIENCY PADA PT. PELINDO III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA

NADIA RIZKY, 041324253039 (2017) ENVIRONMENTAL MANAGEMENT ACCOUNTING SEBAGAI ALAT UNTUK MENILAI ECO-EFFICIENCY PADA PT. PELINDO III (PERSERO) CABANG TANJUNG PERAK SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text (full text)
NADIA RIZKY.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus yang bertujuan untuk menganalisis proses yang dilakukan PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak untuk mencapai eco-efficiency dan menganalisis penggunaan Environmental Management Accounting (EMA) sebagai alat untuk menilai eco-efficiency pada PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak. PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak melakukan beberapa dari tujuh elemen untuk meningkatkan eco-efficiency, yaitu intensitas pengurangan energi, pengurangan zat beracun, memaksimalkan sumber daya energi dan manusia, dan peningkatan intensitas pelayanan. Pada penelitian ini dilakukan pengukuran eco-efficiency dengan menggunakan EMA yang terdiri dari Physical Environmental Management Accounting (PEMA) dan Monetary Management Accounting (MEMA). Hasil pengukuran eco-efficiency dapat diperoleh dengan menggunakan rumus environmental performance atau PEMA dibagi dengan financial performance yang merupakan hasil dari total penjualan dikurangi biaya penjualan atau MEMA. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan EMA, PT. Pelindo III Cabang Tanjung Perak mengalami peningkatan eco-efficiency air sebesar 12,16% dan peningkatan eco-efficiency listrik sebesar 11,11,% dari tahun 2014 ke tahun 2015.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 07/17 Riz e
Uncontrolled Keywords: Eco-efficiency, EMA, Environmental Management Accounting
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
NADIA RIZKY, 041324253039UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Tjahjadi, Prof. Dr. , SE., MBA., Ak., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 17 Oct 2017 18:54
Last Modified: 17 Oct 2017 18:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64094
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item