THE CONSUMPTION OF HALAL HIJAB BY MUSLIM WOMEN: A Case Study of Zoya Hijab Customer of Zoya Diponegoro

QONITAH, 121311233156 (2017) THE CONSUMPTION OF HALAL HIJAB BY MUSLIM WOMEN: A Case Study of Zoya Hijab Customer of Zoya Diponegoro. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FS BE 82-17 Qon t Abstrak.pdf

Download (74kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FS BE 82-17 Qon t Sec.pdf
Restricted to Registered users only until 18 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini menyangkut tentang penilaian konsumen pada jilbab Zoya di Surabaya sebagai kota metropolitan. Penelitian ini mengungkapkan perspektif dari konsumen Zoya mengenai adanya isu jilbab halal yang dikeluarkan oleh Zoya pada tahun 2016. Topik ini semakin hangat diperbincangkan karena muncul fakta bahwa ada peningkatan penjualan Zoya setelah adanya peluncuran jilbab halal. Selanjutnya, penelitian ini mengungkapkan beberapa kecurigaan mengenai adanya komodifikasi agama yang mengarah pada konsumerisme di kalangan wanita kerja. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendapatkan interpretasi jilbab halal pada Zoya dari tiap informan. Penelitian ini sejalan dengan teori Konsumsi dan Identitas dari Mike Featherstone yang mengungkapkan adanya keterkaitan antara mode sebagai identitas sosial dan budaya. Dalam proses pengumpulan data, penulis menggunakan wawancara dengan purposive sampling ke toko Zoya cabang utama di Surabaya yang terletak di Jalan Diponegoro. Hasilnya terdiri dari perspektif masing-masing pelanggan pada fenomena jilbab halal dan karakteristik konsumerisme di wanita. Setelah menganalisa data, terlihat bahwa mereka menganggap halal pada jilbab merupakan sesuatu yang berlebihan. Secara harfiah, halal adalah sesuatu yang diperbolehkan dari agama islam yang harus dipatuhi untuk segala hal yang kita konsumsi, namun dalam kasus ini, jilbab tidak disertakan. Terlebih lagi, ditemukan bahwa dengan mengkonsumsi jilbab Zoya, hal itu berdampak pada status sosial mereka di kalangan wanita pekerja. Studi ini menawarkan kontribusi kepada pembaca dan praktisi yang terkait dengan budaya konsumen yang dibangun oleh brand fashion Indonesia, Zoya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FS.BE.82/17 Qon t
Uncontrolled Keywords: halal, hijab, Consumer, culture, Zoya
Subjects: P Language and Literature > PR English literature > PR83 English literature
Divisions: 12. Fakultas Ilmu Budaya > Sastra Inggris
Creators:
CreatorsNIM
QONITAH, 121311233156UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNurul Fitri Hapsari, M.AUNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol2 2
Date Deposited: 18 Dec 2017 21:28
Last Modified: 18 Dec 2017 21:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64125
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item