RESIDU BLOK NEUROMUSKULER PADA PASIEN PASKA BEDAH SETELAH PEMBERIAN OBAT PELUMPUH OTOT GOLONGAN NON DEPOLARISASI DENGAN KRITERIA TOF DI GEDUNG BEDAH PUSAT TERPADU RSUD DR SOETOMO SURABAYA

Eduardus Wiranto, dr. (2017) RESIDU BLOK NEUROMUSKULER PADA PASIEN PASKA BEDAH SETELAH PEMBERIAN OBAT PELUMPUH OTOT GOLONGAN NON DEPOLARISASI DENGAN KRITERIA TOF DI GEDUNG BEDAH PUSAT TERPADU RSUD DR SOETOMO SURABAYA. Other thesis, Airlangga University.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak ppds ar 04 17.pdf

Download (105kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
ppds ar 04 17.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar Belakang Obat pelumpuh otot digunakan dalam pembiusan untuk memfasilitasi intubasi dan mencapai kondisis pembedahan yang optimal. Sejak obat pelumpuh otot digunakan dalam tindakan anestesi, tingkat mortalitas perioperatif dikatakan meningkat Mortalitas yang meningkat dihubungkan dengan kejadian residu kelumpuhan otot akibat pemberian obat pelumpuh otot. Penilaian kelumpuhan otot dapat dilakukan dengan pemeriksaan klinis dan peeriksaan kuantitatif dengan kriteria TOF. Pada penelitian ini ingin mengetahui kejadian residu kelumpuhan otot dengan kriteria TOF dan pemeriksaan klinis. Metode Penelitian Penelitian yang dilakukan berupa analitik observasional dengan subyek penelitian pasien yang menjalani operasi dengan menggunakan pembiusan anestesi umum dengan menggunakan obat pelumpuh otot d=golongan non depolarisasi di Gedung Bedah Pusat Terpadu Rumah Sakit Dr. Soetomo Surabaya. Delapan puluh pasien dilakukan penilaian dan dokumentasi, selanjutnya hasil penelitian yang diperoleh dilakukan uji analisis statistic dengan program SPSS. Hasil Penelitian 31 pasien (39%) mengalami residu kelumpuhan otot pasca operasi dengan pemeriksaan TOFR sesaat setelah ekstubasi, 10 pasien (12%) mengalami residu kelumpuhan otot pasca operasi dengan pemeriksaan TOFR di ruang pemulihan. Hubungan antara pemeriksan klinis dengan kejadian residu kelumpuhan otot pasca operasi sesaat setelah ekstubasi didapatkan tidak bermakna (p<0.05) masing-masing: mengangkat kepala p=1.000, mengangkat kaki p=1.000, tangan menggenggam p=1.000, minute volume cukup p=1.000, lidah menahan tahanan p=0.05, buka mata p=0.820, batuk p=0.818, bergerak p=0.057. Kesimpulan Penggunaan obat pelumpuh otot jenis rocuronium dan atracurium dapat menyebabkan kejadian residu kelumpuhan otot setelah operasi, dan pemeriksaan klinis untuk menilai pemulihan dari kelumpuhan otot tidak dapat memastikan pasien sudah bebas dari residu kelumpuhan otot.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: PPDS AR 04 17
Uncontrolled Keywords: Obat pelumpuh otot, Residu kelumpuhan otot, kriteria Train Of Four Ratio (TOFR),
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Anestesiologi dan Reanimasi
Creators:
CreatorsNIM
Eduardus Wiranto, dr.UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorChristrijogo Sumartono W, Dr dr, SpAn. KARUNSPECIFIED
Depositing User: Turwulandari
Date Deposited: 17 Oct 2017 22:54
Last Modified: 17 Oct 2017 22:54
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64187
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item