ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PERBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA (SPAN) DALAM PROSES PENCAIRAN DANA APBN PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA JAKARTA II

YOGI PRASETYO NUGROHO, 041514253008 (2017) ANALISIS IMPLEMENTASI SISTEM PERBENDAHARAAN DAN ANGGARAN NEGARA (SPAN) DALAM PROSES PENCAIRAN DANA APBN PADA KANTOR PELAYANAN PERBENDAHARAAN NEGARA JAKARTA II. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (full text)
YOGI PRASETYO NUGROHO-041514253008-TESIS.pdf
Restricted to Registered users only until 19 October 2020.

Download (1MB)

Abstract

SPAN merupakan sub-program dari program reformasi keuangan publik terbesar dalam sejarah di Indonesia yakni Government Financial Management and Revenue Administration Project (GFMRAP). Proses pencairan dana APBN meruupakan salah satu proses yang dilaksanakan oleh SPAN dengan nama manajemen pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan terkait proses pencairan dana APBN pada SPAN. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang dilakukan pada wilayah pembayaran KPPN Jakarta II. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus eksploratoris. Informan dipilih berdasarkan pusposive sampling dengan pengumpulan data melalui dokumentasi dan catatan arsip, wawancara, dan Participant Observation. Lokasi penelitian adalah KPPN Jakarta II karena merupakan KPPN yang memiliki pelayanan pencairan pagu APBN terbesar di Indonesia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat berbagai kendala dalam proses pencairan dana APBN pada satuan kerja di wilayah pembayaran KPPN Jakarta II. Hal-hal yang dianalisis adalah pada volume pencairan dana APBN, mutu pencairan dana APBN, dan proses bisnis pencairan dana APBN yang kemudian diturunkan menjadi rumusan kebijakan terhadap kendala dan permasalahan yang dihadapi pada proses pencairan dana pada APBN pada KPPN Jakarta II.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TEA 36/17 Nug a
Uncontrolled Keywords: Jakarta II, pencairan dana, satuan kerja, SPAN
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 09. Sekolah Pasca Sarjana > Ilmu Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
YOGI PRASETYO NUGROHO, 041514253008UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBasuki, Drs. , M.Com.(HONS)., Ph.D., Ak., CMA., CAUNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 18 Oct 2017 18:12
Last Modified: 18 Oct 2017 18:12
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64261
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item