PERTANGGUNGJAWABAN BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH BERDASARKAN HUKUM PENGANGKUTAN

HELDA KHARISTA AMANDA, 031311133208 (2017) PERTANGGUNGJAWABAN BIRO PERJALANAN IBADAH UMROH BERDASARKAN HUKUM PENGANGKUTAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
FH.210.17 . Ama.p - ABSTRAK.pdf

Download (19kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FH.210.17 . Ama.p - SEC.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2020.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dalam era modern ini bisnis dalam bidang pemenuhan kebutuhan akan kegiatan-kegiatan keagamaan menjadi bisnis yang menjanjikan keuntungan. Salah satu bisnis tersebut adalah biro perjalanan ibadah umrah. Skripsi ini akan membahas tentang perjanjian dalam pelaksanaan kegiatan pengangkutan biro perjalanan ibadah umroh dan pertanggungjawaban biro perjalanan kepada jamaah umroh yang mengalami kerugian. Pembahasan tersebut menggunakan metode penelitian yuridis normatif dengan pendeketan konseptual, serta pendekatan perundangundangan. Keberadaan biro perjalanan ibadah umrah merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah untuk penyempurnaan sistem dalam manajemen ibadah haji dan umrah, sebagaimana disebut dalam konsiderans huruf c Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Kegiatan usaha biro perjalanan ibadah umroh tersebut memerlukan beberapa perjanjian yang digunakan guna memenuhi pelayanan kepada jamaah umrohnya. Perjanjian tersebut meliputi perjanjian kemitraan antara biro perjalanan dengan anggota kemitraan, perjanjian jual beli antara biro perjalanan dengan jamah umroh, dan perjanjian pengangkutan antara biro perjalanan dengan perusahaan penerbangan. Biro perjalanan ibadah umroh bertanggung jawab atas segala kerugian yang dialami oleh jamaah umrohnya. Jamaah umroh dapat menuntut ganti kerugian karena adanya hubungan hukum dengan biro perjalanan sebagai bentuk pelayanan berkala. Formalitas bentuk perjanjian kegiatan ibadah umroh diperlukan agar kepastian hukum dapat terjamin. Serta sebagai konsumen, jamaah umroh pada biro perjalanan harus sadar akan hak dan kewajiabannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK2 FH.210/17 Ama p
Uncontrolled Keywords: Biro perjalanan ibadah umroh, perjanjian, pertanggungjawaban
Subjects: K Law > K Law (General) > K1-7720 Law in general. Comparative and uniform law. Jurisprudence > K(520)-5582 Comparative law. International uniform law > K3154-3370 Constitutional law > K3289-3367 Organs of government
Divisions: 03. Fakultas Hukum
Creators:
CreatorsNIM
HELDA KHARISTA AMANDA, 031311133208UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorZahry Vandawati Chumaida, Dr., S.H., M.H.UNSPECIFIED
Depositing User: Mr Binkol1 1
Date Deposited: 27 Dec 2017 22:30
Last Modified: 17 Jan 2018 22:35
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64372
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item