Efek Induksi Kombinasi Ekstrak Kulit Manggis Dan DFDBBX Pada Soket Pencabutan Gigi Terhadap Ekspresi Runt-Related Transcription Factor (RUNX2) Pada Tulang Alveolar (Cavia Cobaya)

RIZKI PURNAMASARI NUGRAHENI, 021418076302 (2017) Efek Induksi Kombinasi Ekstrak Kulit Manggis Dan DFDBBX Pada Soket Pencabutan Gigi Terhadap Ekspresi Runt-Related Transcription Factor (RUNX2) Pada Tulang Alveolar (Cavia Cobaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (abstrak)
abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img] Text (full text)
KTA-Rizki Purnamasari-021418076302.pdf
Restricted to Registered users only until 20 October 2020.

Download (2MB)

Abstract

Tulang alveolar berperan penting dalam menyangga suatu protesa gigi tiruan. Preservasi soket dengan pemberian kombinasi ekstrak kulit manggis dan DFDBBX diharapkan mampu meningkatkan ekspresi Runt Related Transcription Factor (Runx2) sebagai faktor transkripsi yang berkaitan dengan diferensiasi osteoblas sehingga dapat mempercepat proses pembentukan tulang alveolar. Tujuan: Untuk mengetahui efek induksi kombinasi ekstrak kulit manggis dan DFDBBX terhadap Runx2 pada soket pencabutan. Material dan Metode: 56 ekor Cavia cobaya, gigi incisive kiri bawahnya di cabut kemudian dilakukan preservasi soket dibagi menjadi 4 kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok kontrol dengan pemberian PEG pada soket pencabutan, kelompok kedua diberi DFDBBX, kelompok ketiga diberi ekstrak kulit manggis dan kelompok keempat diberi kombinasi DFDBBX dan ekstrak kulit manggis. Pemeriksaan dilakukan setelah hari ke 7 dan 30. Setelah 7 dan 30 hari, Cavia cobaya dieksekusi dan diuji dengan teknik imunohistokimia. Data penelitian selanjutnya diuji dengan One Way Anova. Hasil: Jumlah ekspresi Runx2 pada tiap kelompok memiliki beda yang signifikan dan rerata Runx2 tertinggi ada pada kelompok pemberian kombinasi ekstrak kulit manggis dan DFDBBX baik pada hari ke-7 dan ke-30. Kesimpulan: Kombinasi ekstrak kulit manggis dan DFDBBX efektif dalam meningkatkan ekspresi Runx2 pada soket pencabutan

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PROS 09/17 Nug e
Uncontrolled Keywords: DFDBBX, Ekstrak Kulit Manggis, Preservasi Soket, Runx2, Tulang Alveolar
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi > Prosthodontics
Creators:
CreatorsNIM
RIZKI PURNAMASARI NUGRAHENI, 021418076302UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUtari Kresnoadi, Prof. Dr. , drg., MS., Sp.Pros (K)UNSPECIFIED
Depositing User: Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2017 00:10
Last Modified: 20 Oct 2017 00:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/64399
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item